Festival Pemuda DPC PDIP Surabaya Bangkitkan Ekonomi Pesisir

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Sebtra Ikan Bulaj menjadi lokasi "Festival Pemuda" yang dihelat oleh DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya. Perhelatan ini demi untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bangkit kembali di tengah walau di tengah pandemi, terutama utamanya di pesisir.

Menurut Seno Baskoro, Ketua Taruna Merah Putih mengatakan bahwa pihaknya sejak lama berpikir Surabaya adalah sebuah kota yang tidak boleh melepaskan diri dari karakter maritim dengan pesisirnya. Pembangunan Surabaya tentunya harus berorientasi bagaimana masyarakat bisa sejahtera terus menerus secara berkelanjutan.

Baca Juga: Penataan Kota Lama Surabaya, Ini Rute yang Ditawarkan Pemkot bagi para Pelancong

"Artinya termasuk para pesisir yang ada di kota Surabaya, termasuk di bulak dan Sentral Ikan Bulak ( SIB) bagi kami adalah ibarat kalau di pusat salah satu kawasan Ekonomi Khusus ( KEK) kota Surabaya yang harus dapat perhatian dari pemerintah," ucap Seno Baskoro saat pembukaan Festival Pemuda di SIB, Kamis (25/11/2021).

Seno menyampaikan bahwa kawasan pesisir ini bakal menjadi sangat menarik apabila ada sentuhan anak muda dan ekonomi kreatif yang bisa ikut serta mensupport ekonomi di kawasan bulak. Tentunya dengan kehadiran sebagai regulator serta fasilitator.

"Selama kurang lebih empat hari ini, ketua beserta jajarannya, akan kita inisiasi dengan kegiatan, mulai ziarah makam dan diskusi Kepemudaan serta elemen pemuda dan diakhir minggu kita bersama sama pawai parade kapal, dari kapal yang ikut lomba yang kita cat bersama-sama, lepas pantai nantinya sekaligus Upacara sekaligus untuk mengenang hari Pahlawan tiba bulan ini," paparnya.

Seno menyebutkan, nantinya ada serangkaian acara yang diharapkan bisa menjadi salah satu indikator bangkitnya perekonomian disekitar Bulak, sekaligus sebagai penegasan anak muda yang tergabung di PDiP Perjuangan terutama selalu berpihak kepada masyarakat.

Baca Juga: Revitalisasi Kota Tua, Pemkot Surabaya Bangun Museum dan Replika Mobil AWS Mallaby di Taman Sejarah

"Terutama kawasan yang selama ini orang yang belum lihat dan kita ingin bulak menjadi salah satu new rising star di Surabaya dan menjadi berkah manfaat serta tambahan dan ladang rejeki bagi kita semua," harapnya.

Ketua Badan kebudayaan Nasional (BKN) PDI Perjuangan Kota Surabaya Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am mengatakan bahwa kegiatan ini masih dalam rangkaian memperingati hari Pahlawan. Dia menyebut di bulan november ini banyak sejarah yang tercipta.

"Mudah-mudahan dalam bulan bersejarah dan penuh kepahlawanan serta memberikan spirit yang baru dan memberikan motivasi yang baru," sebutnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bakal Siapkan Jeep Tour Keliling Kota Lama

Ghoni optimis bahwa kegiatan ini bisa menjadi pelecut awal sehingga aktivitas awal pemulihan ekonomi bisa berjalan maksimal di wilayah Kecamatan Bulak dan wilayah pesisir Surabaya lainnya.

"Ini merupakan hal yang luar biasa, karena kita ingin membangun spirit baru mulai dari pesisir, sehingga bisa berkontribusi lebih pembangunan di kota Surabaya tercinta dan toleran ini," tutupnya. (mar)

Editor : redaksi