Giliran Para Camat Promosikan Sontoh Laut

avatar swaranews.com
Para camat saat berfoto di gazebo dengan keindahan panorama alam Sontoh Laut (dok. Mbezuel)
Para camat saat berfoto di gazebo dengan keindahan panorama alam Sontoh Laut (dok. Mbezuel)

Swaranews.com - Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah bersama jajaran Camat di Surabaya, mengunjungi destinasi wisata alam Kampung Pelangi Sontoh Laut (Kapsol) yang berada di Kecamatan Asemrowo.

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro mengatakan bahwa saat ini pengembangan wisata Kapsol masih dilakukan. Salah satunya, bangunan rumah milik warga yang berada di Kampung Pelangi RW 02, Kelurahan Tambak Sarioso, dicat warna-warni.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bakal Siapkan Jeep Tour Keliling Kota Lama

"Kampung Pelangi yang berada di Jalan Greges Timur gang Buyuk itu memiliki potensi dan daya tarik tersendiri untuk dikembangkan. Di antaranya seperti pengembangan hidroponik, budidaya ikan lele terpal, pemanfaatan lahan dengan tanaman hias, dan akan ada jogging track dengan pemandangan laut pesisir utara," paparnya, Selasa (30/11/2021).

Bambang menjelaskan, sebagai kampung penopang Wisata Bahari Sontoh Laut, di Kampung Pelangi juga terdapat pengelolaan sampah rumah tangga, pengelolaan bank sampah, dan mulai proses pengembangan UMKM. Terkini, di Sontoh Laut, telah dibangun 5 gazebo baru.

"Dengan demikian kita beeharap adanya destinasi wisata Kapsol dapat menopang perekonomian warga, sekaligus mengembangkan kawasan Wisata Bahari Sontoh Laut," terangnya.

Bambang juga berpesan kepada warga untuk turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Warga diminta untuk berkomitmen mendukung program pemerintah dalam pengembangan kawasan wisata Kapsol.

Baca Juga: Percantik Kawasan Wisata Heritage, Zona Eropa Kota Lama Surabaya Direvitalisasi

"Pengembangan wisata Kampung Pelangi Sontoh Laut (Kapsol) ini yang paling utama adalah komitmen warga dalam kebersamaan membangun kampungnya," ingatnya.

Terpisah, Eko Prasetyo Ketua RW 02, Kelurahan Tambak Sarioso mengatakan, kampung warna-warni atau pelangi ini sengaja direalisasikan dengan harapan dapat mengangkat perekonomian dan pemberdayaan masyarakat sekitar.

"Selain itu, pengembangan wisata di sini diharapkan dapat memotivasi tempat lain yang berkaitan dengan alam. Kendati sederhana namun bisa dijadikan obyek wisata untuk mengangkat perekonomian masyarakat," urainya.

Baca Juga: KKN Tematik UMSIDA Manfaatkan Lahan Kosong Wisata Coban Goa Jalmo Pasuruan

Eko juga bersyukur karena destinasi wisata Kapsol telah mendapat kunjungan dari para camat di Surabaya. Dengan kehadiran mereka, Eko merasa terbantukan untuk mempromosikan destinasi wisata Kapsol.

"Terima kasih kepada Camat Asemrowo, Camat Gayungan, Camat Krembangan, Camat Bubutan, Camat Gubeng, Camat Kenjeran, dan Camat Bulak serta Kepala Bagian Pemerintahan & Otonomi Daerah Kota Surabaya yang telah berkunjung di Kampung Pelangi dan Sontoh Laut. Semoga kunjungan ini dapat menambah publikasi," tegasnya.

Untuk diketahui, kunjungan Kepala Bagian Pemerintahan & Otonomi Daerah Kota Surabaya bersama Camat Asemrowo, Camat Krembangan, Camat Bubutan, Camat Gubeng, Camat Kenjeran, dan Camat Bulak, dilakukan Minggu (28/11/2021), setelah mengikuti apel gebyar PSN oleh Wali Kota Surabaya. (mar)

Editor : redaksi