MECARI SEHAT DAN KOMPAK

avatar swaranews.com

Swaranews - Setiap orang memiliki hobi berbeda-beda. Irama hidupnya pun berbeda-beda. Nampak perbedaan memang hakiki ada. 

Setiap orang harus punya irama hidup. Lakukan irama hidup yang istikomah. Jangan sampai diam, harus bergerak. Sesuai hobi positifnya. Sesuai irama hidup positifnya. 

Baca Juga: Dinkes Surabaya Sesuaikan Jam Operasional Puskesmas dan Labkesda selama Libur Lebaran

Bahkan anjurannya "bersilaurohimlah agar umur panjang". Tak lain di dalamnya silatirohim ada aktivitas "bergerak". 

Untuk sehat. Dalam irama hidup pun yang mendukung kesehatan pribadi. Bangun tidur, pagi buta. Mendengar adzan, shalat subuh. Membersihkan luar rumah. Bisa nyapu, bisa berkebun. Terus sampai keluar keringat. 

Cukup keluar keringat saja. Itu pertanda dalam tubuh sudah lebih panas dari pada luar tubuh. Maka keluar keringat. Rutin atau istikomah. 

Hari-hari pagi hampir seperti itu. Kadang berkebun diganti jalan pagi di area lapangan perumahan. Banyak orang jalan pagi. 

Hari Jum'at agak beda. Setelah shalat subuh membantu istri. Membuat sekitar 50 bungkus nasi beserta lauknya. Kata istri saya, jum'at berkah. Sejenis amal. Ya yang di rumah hanya saya dan istri. Maka, saya harus membantunya. Hampir setiap Jum'at pagi begitu. 

Baca Juga: Kasus DBD di Kota Surabaya Terkendali Pemkot Surabaya Libatkan KSH dan Kader PKK Kendalikan Kasus

Agak terang. Matahari muncul terang. Persiapan senam pagi. Mulai jum'at ini harus datang pagi. Sebelum pukul 07.30 WIB sudah di kampus Umaha. 

Menunggu yang lain. Menunggu instruktur senam pagi. Namanya "senam yoga". Hampir satu semeter setiap jum'at pagi harus senam. Demi kesehatan dan kekompakan bersama resourses kampus. 

Harapan sehat dan kompak. Jelas saya rasakan puji syukur semakin sehat. Juga kompak dalam melaksanakan visi misi kampus. "Kompak" adalah modal utama untuk mencapai tujuan. 

Baca Juga: Dewan Ingatkan Struktur Bangunan Rumah Sakit Surabaya Timur Agar Tahan Gempa

Kompak istilah lain adalah "persatuan". Itu jelas penting. Sebab sila Pancasila pun salah satunya berbunyi "Persatuan Indonesia". 

Semoga kita semua sehat dan kompak....aamiin yra.

(GeSa)

Editor : redaksi