KNPI Jawa Timur Apresiasi Langkah Gubernur dan Media Tangani Covid-19

avatar swaranews.com

Swaranews.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur mengapresiasi langkah Gubernur Jawa Timur dan juga beberapa media terkait dengan upaya penanganan dampak pandemi Covid-19 di bidang informasi dan pemberitaan. Demikian pernyataan DPD KNPI Jawa Timur melalui Wakil Ketua Bidang Infokom, Immanuel Yosua.

“DPD KNPI Jawa Timur mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur dan beberapa media baik cetak, elektronik maupun daring (online) yang berusaha memberikan informasi dan berita yang dibutuhkan masyarakat dalam upaya penanganan terhadap pandemi Covid-19. Upaya ini sangat membantu dalam memberi ketenangan kepada masyarakat," terang Yosua terkait sikap KNPI Jawa Timur, Senin (6/4/2020).

Mengenai apresiasi terhadap langkah Gubernur Jawa Timur dan jajarannya, Secara rinci dinyatakan, berdasarkan pengamatan yang dilakukan KNPI Jatim dan juga masukan serta analisis beberapa pihak, upaya memberikan updating informasi tiap hari dari kepada masyarakat, koordinasi dan juga pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang bersifat kontinyu.

Bagi KNPI Jawa Timur langkah yang ditempuh Gubernur dalam hal informasi dan komunikasi ini dapat menyelesaikan secara cepat beberapa "misscomunication" yang muncul di lapangan. Hal ini menurut KNPI adalah faktor penting dalam hal penanganan informasi dan komunikasi. Untuk ILM, KNPI Jatim mengapresiasi Gubernur karena memproduksi dan menyebarluaskan beberapa versi ILM yang dipublikasikan di berbagai media baik yang bersifat umum maupun pribadi.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Bidang Infokom DPD KNPI Jatim, hingga saat ini Gubernur Jawa Timur telah memproduksi lebih dari 5 versi ILM, mulai himbauan, penguat semangat masyarakat hingga lantunan lagu religius. ILM ini disiarkan di berbagai radio dan televisi maupun beberapa akun media sosial yang bersifat privat seperti istagram dan whatssapp.

"Yang menarik, dalam catatan bidang Infokom KNPI Jatim, ILM yang diproduksi Gubernur tersebut tersebar secara masif melalui media penyiaran dalam koordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur dan Dinas Kominfo Jawa Timur," terang Yosua.

Data yang diperoleh DPD KNPI Jawa Timur dari KPID, ILM tersebut dikirimkan ke 396 media penyiaran baik radio maupun televisi yang tersebar di 38 Kabupaten/Kota dengan jangkauan lebih dari 650 kecamatan dan lebih dari 8.000 (delapan ribu) desa/kelurahan di seluruh Jawa Timur.

Apresiasi terhadap media dan para Jurnalis pada bagian lain, terkait apresiasi terhadap media dan para jurnalis, DPD KNPI dibawah kepemimpinan M. Nur Arifin sebagai Ketua dan Ahmad Nur Aminudin sebagai Sekretaris ini menyatakan bahwa dedikasi dalam memproduksi dan menyebar luaskan informasi dan berita positif menjadi alasan utama apresiasi tersebut.

"Bagi KNPI Jatim, Selain tenaga medis, Jurnalis dan setiap pihak yang terlibat dalam produksi informasi dan berita memiliki resiko tinggi tertular Covid-19," sambungnya.

Dalam rangka menyuguhkan informasi dan berita bagi upaya percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19, para jurnalis terpaksa harus turun ke lapangan dengan segala resiko yang dimilikinya. Bahkan sebagaimana diketahui bersama, telah ada korban meninggal dunia karenanya.

Menyikapi kondisi ini, DPD KNPI Jatim meminta para pihak yang memiliki kaitan dengan tugas-tugas jurnalistik dan media untuk menjaga keselamatan para jurnalis dan insan media. Bukan hanya pribadi yang bersangkutan, institusi media, pemerintah daerah dan juga pihak terkait lainnya turut menjadi ketersediaan alat pelindung diri bagi mereka.

“Tak dapat dipungkiri, ditengah merebaknya informasi melalui jejaring media sosial pribadi, informasi dan berita yang disajikan oleh media massa baik cetak, elektronik maupun online tetap menjadi rujukan bagi masyarakat bagi validitas informasi. Ini hasil kajian beberapa lembaga yang memiliki kaitan dengan media. Jadi keselamatan para jurnalis dan insan media seyogyanya menjadi tanggung jawab semua pihak. Mereka adalah salah satu pilar utama dalam informasi positif ditengah pandemi Covid-19, seperti saat ini.” ungkap Yosua.

Himbauan dan Upaya DPD KNPI Jawa Timur Pada bagian lain, Walaupun secara umum sudah berjalan dengan baik, DPD KNPI Jawa Timur tetap menghimbau kepada semua pihak, baik Gubernur dan Bupati/Walikota dan jajarannya untuk terus mengoptimalkan diseminasi informasi yang akurat dan positif bagi percepatan pemulihan Jawa Timur dari dampak pandemi Covid-19. Kesimpang siuran informasi yang diterima masyarakat, menurut hemat DPD KNPI Jawa Timur tetap menjadi salah satu tantangan di bidang informasi, sehingga perlu sarana yang mudah dan cepat untuk verifikasi kebenaran sebuah informasi dan berita.

Untuk media, DPD KNPI Jawa Timur mengharapkan, tetap menampilkan berita dan informasi yang positif dan tidak kontraproduktif terhadap upaya pemulihan dari dampak pandemi Covid-19. Bagi KNPI Jawa Timur,media memiliki pengaruh yang luar biasa bagi masyarakat dan menjadi rujukan bagi kebenaran informasi yang  diterima. Di tengah banyaknya arus informasi melalui jejaring sosial media, informasi yang diperoleh dari media massa baik online, elektronik maupun cetak tetap menjadi parameter kebenaran suatu informasi dan berita.

Sementara itu untuk kontribusi DPD KNPI Jawa Timur dalam upaya ini, Yosua menyatakan bahwa DPD KNPI Jawa Timur dan jajarannya DPD KNPI Kabupaten/Kota di Jawa Timur akan turut dalam upaya diseminasi informasi beberapa informasi yang dirilis oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dalam rangka hal tersebut, KNPI beserta jajarannya akan melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pihak yang akan diajak koordinisasi dalam koridor tersebut diantaranya Dinas Kominfo yang merupakan pembina Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan KPID yang memiliki jaringan hampir 400 radio dan televisi di Jawa Timur. Langkah KNPI Jawa Timur tersebut akan dilaksanakan oleh tim khusus yang bertajuk “KNPI Jatim Care Againts Covid-19”. Tim ini yang nantinya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur. H

Hal yang sama juga akan dilakukan di DPD KNPI Kabupaten/Kota di Jawa Timur. (mar)

Editor : redaksi