THP Kenjeran Siapkan Wisata Kuliner Idul Fitri

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Selama libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mulai tanggal 2 – 8 Mei 2022 Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran tetap dibuka untuk wisatawan. Objek wisata kawasan pesisir ini bisa dijadikan alternatif bagi masyarakat yang tidak mudik dan memilih menikmati libur di dalam Kota Surabaya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata THP Kenjeran Rusdi Ismet mengatakan, pada tanggal 2 Mei 2022 THP Kenjeran akan dibuka mulai pukul  09.00 WIB – 16.00 WIB.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bakal Siapkan Jeep Tour Keliling Kota Lama

Kemudian di tanggal berikutnya, yaitu 3 – 8 Mei 2022 dibuka sesuai dengan jadwal sebelumnya, yakni ukul 08.00 WIB - 16.00 WIB

“Jadi skenario itu nanti untuk tanggal 2 Mei 2022 saja, untuk yang tanggal 3 dan seterusnya sama seperti jam buka saat Ramadan maupun sebelum Ramadan,” kata Rusdi, Sabtu (30/4/2022).

Wisata murah meriah ini sangat pas dijadikan tempat bersantai bersama keluarga sambil menikmati kuliner khas THP Kenjeran. Kuliner yang tersedia mulai dari Lontong Kupang, Lontong Balap, Rujak Cingur, ikan asap dan masih banyak lainnya. Bukan itu saja, Rusdi menjelaskan, juga ada beberapa hiburan di THP Kenjeran, seperti live musik juga permainan anak agar pengunjung tidak bosan.

“Nanti di sisi parkir utara THP Kenjeran itu kita siapkan tempat khusus untuk Wisata Kuliner Idul Fitri, jadi para pengunjung bisa menikmati serba-serbi kuliner di sana. Ada juga stan-stan UMKM lainnya, jadi sebelum masuk THP Kenjeran pengunjung akan disuguhkan kuliner terlebih dahulu di Wisata Kuliner Idul Fitri,” jelasnya.

Baca Juga: Percantik Kawasan Wisata Heritage, Zona Eropa Kota Lama Surabaya Direvitalisasi

Rusdi menyampaikan, jumlah kunjungan THP Kenjeran per hari terbatas 20.000 orang yang disesuaikan dengan jumlah tiket wisata di website tiketwisata.surabaya.go.id.

Meskipun Kota Surabaya sudah berstatus menjadi PKKM Level 1, bukan berarti Pemerintah Kota (Pemkot) melonggarkannya begitu saja dengan kapasitas 100 persen.

“Sesuai dengan Imendagri memang kan untuk kunjungan dan sebagainya di Level 1 sudah 100 persen ya, tapi untuk sementara ini kita batasi di tiket online itu sekitar 20.000 per harinya,” sebutnya.

Baca Juga: KKN Tematik UMSIDA Manfaatkan Lahan Kosong Wisata Coban Goa Jalmo Pasuruan

Rusdi menambahkan, selama libur lebaran Idul Fitri di THP Kenjeran bukan hanya disediakan tempat untuk kulineran, akan tetapi juga disediakan area khusus vaksin booster (Dosis 3) oleh Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Insyaallah nanti tanggal 2 sudah mulai disiapkan oleh rekan-rekan dari Dinkes Surabaya yang standby di THP. Jadi, nanti sekira ada pengunjung yang ketika scan barcode PeduliLindungi kemudian ketahuan belum booster, makan oleh petugas akan langsung diarahkan ke tenda vaksinasi,” pungkasnya. (mar)

Editor : redaksi