Konsumen Milenial di Pendidikan

Oleh: Prof DR Gempur Santoso, M.Kes

Redaksi 165 Kali Dilihat 0 Komentar

Konsumen Milenial di Pendidikan

Swaranews.com - JAMAN digital atau banyak orang sebut jaman milenial. Ada yang sebut generasi milenial. Kita ini lebih cenderung pengguna digital. Bukan produsen digital. Atau generasi konsumen milenial.

Negeri kita ini belum punya produsen alat alat milenial. Pengguna saja. Konsumen saja. Karena baru, biar tidak ketinggalan jaman.

Walau jaman milenial. Tentu manusianya tetap manusia. Apa isi manusia. Dalam Agama, manusia ada jasmani dan rohani. Dalam filsafat Jawa manusia terdiri: cipta, rasa, karsa. Dalam taksonomi Bloom, manusia: kognitif, afectif dan psikomotorik.

Semua itu ada di lahir dan bathin. Atau jasmani dan di rohani. Garapan pendidikan manusia. Terletak pada memberi kesempatan anak didik melatih afektif, kognitif dan psikomotik. Atau cipta, rasa, karsa. Atau jasmani, rohani.

Manusia yang utuh. Strategi pengajarannya disesuaikan usia anak didik. Mengerti di semua garapan pendidikan. Atau, menjadi orang berpendidikan harus berlatih. Mengerti saja belum tentu bisa jika tidak berlatih. Jaman milenial, dalam perjalanan ada virus Corona.

Semua yang biasa belajar di sekolah/kampus, ditutup. Diubah/digeser. Diharap belajar di rumah. Di lain tempat. Pakai media daring (dalam jejaring)/ on-line. Tanpa tatap muka dengan dosen atau praktik sesungguhnya. Jarak jauh.

Biasanya saat online pakai: WA, fb, tweeter, google meet, dan google lainnya atau aplkasi lainnya). Semua peralatan dan aplikasi online bukan milik Indonesia.

Tentu mahasiawa dan dosen butuh pulsa/paketan internet makin besar. Biaya makin besar. Mahasiswa, bayar kampus juga makin besar bayar pulsa/paketan.

Kita harus tetap pada koridor pendidikan: cipta, rasa dan karsa (kognitif, afektif, psikomotorik) walaupun konsumen simbul milenial. Semoga pendidikan gratis tidak terus sekadar menjadi slogan.

(GeSa)

Guru Besar Unipa Adi Buana Surabaya Managing Director APENSO (Asosiasi Prndidikan & Sosial) Penasehat Swaranews

Tinggalkan Komentar