Orang Miskin Baru

Oleh: Sugianto S Hartawan Wartawan swaranews

Redaksi 182 Kali Dilihat 0 Komentar

Orang Miskin Baru

Swaranews.com - SELAMAT Datang Orang Miskin Baru. Layak saya ucapkan di hari pertama Mei 2020 ini. Pas di hari May Day yang biasanya diwarnai demo buruh besar besaran.

Kali ini adanya pandemi wabah Covit-19 tidak boleh ada kerumunan massa. Ada social/physical distancing, kegiatan demo harus diurungkan.

Hari hari ini semua menahan diri. Warga Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kab Sidoarjo, Kab Gresik) harus berdiam di rumah. Hari ini ada pengetatan PSBB.

Aparat akan mengambil tindakan tegas apabila ada pelanggaran. Mall masih diperbolehkan buka. Tidak dilarang. Apakah ada pengunjungnya? Mungkin ada.

Tapi segelintir. Pengunjung yang biasa window shopping sudah ikut mengkandangkan diri. Sejak perusahaan kemarin akhir April mengumumkan gaji dipotong 50%; mulai bulan depan sudah tidak bisa menggaji sampai waktu yang tidak ditentukan; atau karyawan dirumahkan alias PHK.

Pekerja kelas menengah penghasilan bulanannya terpapras drastis. Dulu gajinya gede berpuluh puluh juta. Kewajiban yang dipenuhi masih berderet. Apa pasal? Mereka berbondong bondong mengajukan restrukturisasi KPR, Kartu Kredit, kredit Mobil.

Mereka mengajukan keringanan angsuran. Minta ditunda seperti instruksi Presiden kepada bank dan leasing. Saat ini uang tunai didompetnya sudah menipis hanya untuk menyambung hidup hingga situasi krisis pandemi ini berakhir.

Sebagai orang miskin baru (OMB) mereka belum dapat legalitas. Belum ada dok-nya. Belum ada secarik kertas yang menyatakan mereka layak dapat bantuan pemerintah. Sebagai OMB mereka masih berpenampilan parlente dan wangi (maklum stok parfum masih bersisa). Ada dari mereka yang sudah tidak sungkan menerima bantuan sembako dari komunitas atau organisasi.

Upaya menyambung hidup mereka lakukan. Yang penting bisa menyambung hidup hingga situasi darurat ini berakhir. Buang jauh rasa malu dan sungkan.

Saatnya mengganti kemeja dengan kaos oblong berkeringat menghasilkan uang untuk menyambung hidup. Putar otak bagaimana bisa survive. Tetap semangat guy ....

Tinggalkan Komentar