PERKUAT IMUN LAWAN VIRUS CORONA

Oleh: Prof DR Gempur Santoso, M.Kes

Redaksi 237 Kali Dilihat 0 Komentar

PERKUAT IMUN LAWAN VIRUS CORONA

Swaranews.com - SEJAK dulu, ada. Diketahui namanya atau belum, itu ada. Semua nama virus, terserah yang memberikan nama yakni penemunya. Ada virus flu, malaria, demam bedarah, SARS, MARS, flu burung, Corona/Covid,- 19 dan lainnya. Virus virus itu, utamanya Covid-19, membuat infeksi berat organ pernafasan.

Agar tak terkena kekalahan serangan virus, daya tahan tubuh kita harus kuat (imun tubuh harus bagus). Imun tubuh sangat penting agar tetap sehat. Bagaiman imun tubuh bisa tetap kuat:

1. Makan sayuran. Dalam sayuran terdapat kandungan antioksidan. Itu yang menangkal radikal bebas, yg salah satunya membuat infeksi dalam tubuh. Makan sayuran ya.

2. Makan nutrisi. Misal daging. Juga, empon empon untuk meningkatkat imun. Menurut Prof. Dr. Nidom, empon empon itu antara lain: kunyit, jahe, bawang, serai, temu lawak dan sebagainya. Empon empon sangat mudah tumbuh di bumi Indonesia.

3. Olahraga yang rutin. Termasuk memanaskan tubuh pagi hari. Olahraga cukup 30 menit. Berkeringat. Olahraga seperti itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imun).

4. Jangan stress. Atau, jangan panik. Jangan gampang panik. Sebab kalau stress atau panik, tubuh kita akan mengeluarkan hormon cortisol. Adanya hormon cortisol maka imum tubuh akan melemah.

5. Istirahat yang cukup. Tiap tubuh perlu istirahat, untuk memulihkan tenaga. Jangan kluyuran. Sebab kluyuran bukan istirahat. Kluyuran butuh energi banyak. Istrahat tidak banyak membutuhkan energi.

6. Konsumsi suplemen. Misal: vitamin C, Atau juga vitamin B3, B5 dan B6. Semua itu berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak atau sakit. Semoga Anda semua tetap sehat, bisa melawan virus termasuk virus Corona/Covid-19. Perkuat imun tubuh kita. Selamat.

*) Guru Besar UNIPA Adi Buana Surabaya Managing Director Apenso Penasehat Swaranews

(GeSa)

Tinggalkan Komentar