Ketua Komisi D Disambati Data Kemiskinan Tidak Merata

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Saat bertemu warga di Bulak Jaya, Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah disambati oleh warga setempat terkait data kemiskinan yang tidak merata.

"Masukan pertama data kemiskinan. Ada banyak warga yang layak (menerima bantuan) tetapi tidak terjamah. Semestinya dapat bantuan, tetapi ini belum dapat. Kami di Komisi D bersama Dinsos Surabaya akan membahas masalah ini," ujar Khusnul di Balai RW 15, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: DPRD Kota Surabaya Buka Puasa Bersama dan Pemberuan Santunan Anak Yatim Piatu

Hal itu disampaikan olehnya dalam reses tahun keempat masa persidangan kedua tahun anggaran 2023 di wilayah Bulak Jaya, Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir, 

Dilaporkan banyak warga kurang mampu di Bulak Jaya yang tak lagi tercover bantuan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Rumah mereka luput stiker keluarga miskin. Padahal, puluhan warga itu sebelumnya mendapat intervensi.

 Selanjutnya, aspirasi digaungkan oleh Kader Surabaya Hebat (KSH). Para kader berharap, ada penambahan anggaran untuk program pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita. Hal ini selaras dengan usulan Khusnul Khotimah, yang turut mendorong agar alokasi anggaran Rp5000 per balita dinaikkan.

"Pemkot mengalokasikan PMT Rp5000 per balita. Bentuknya snack. Nah, sudah selayaknya dinaikkan menjadi Rp6000 atau Rp7000, karena dasar (bahan baku) pembuatan makanan juga mengalami kenaikan," terangnya.

Politisi perempuan PDI Perjuangan ini juga mendapat sambatan dari kalangan ibu-ibu dan bapak-bapak Bulak Jaya. Ternyata tidak sedikit warga setempat yang merindukan program Posyandu Lansia kembali digulirkan. Terutama di Kelurahan Wonokusumo.

Baca Juga: DPRD Surabaya Gelar Buka Puasa dan Santuni Yatim Piatu

"Para bapak dan ibu juga menanyakan perihal kegiatan Posyandu Lansia yang dirindukan. Tentu kami mendorong ini agar bisa kembali dijalankan. Sebab, melalui kegiatan di Posyandu Lansia itu akhirnya banyak bapak-ibu yang memanfaatkan untuk saling berinteraksi maupun berolahraga," ujar Khusnul.

Terakhir, Ning Kaka, sapaan karib Khusnul Khotimah, dihampiri secara khusus oleh seorang ibu penyandang tunanetra. Sekelumit kisah ibu tersebut diutarakan. Salah satunya mengenai tempat tinggal beliau yang membutuhkan intervensi Pemkot Surabaya.

"Saya mendapati seorang ibu tunanetra. Beliau memohon bantuan agar kiranya rumah beliau dapat direnovasi melalui program Dandan Omah. Tetapi sayangnya, asetnya itu atas nama PT KAI, sehingga ini agak sulit untuk diusulkan," urai Ning Kaka.

Baca Juga: Masjid Al Idris Kecamatan Bulak Gelar Peringatan Malam Nuzulul Qur'an

Meski demikian, Ning Kaka memastikan akan menindaklanjuti dan mendorong pengurus kampung untuk membersamai. Selain via program Dandan Omah, opsi lain dapat mengajukan bantuan Rutilahu melalui Baznas Surabaya.

"Masih sangat mungkin intervensi dapat diberikan melalui Baznas. Hanya saja perlu dilihat kembali ikatan hukumnya, apakah beliau sewa atau tidak," jelasnya.

"Di samping itu, beliau juga berharap diberi bantuan agar bisa membuka klinik pijat khusus tunanetra. Sebab, beliau saat ini mengenyam pendidikan pemijatan tunanetra yang berada di Siwalankerto," sambung Ning Kaka. (mar)

Editor : redaksi