MENGEDUKASI WALI MURID DALAM PERKEMBANGAN DARING AGAR MELEK IT

Aris 105 Kali Dilihat 0 Komentar

MENGEDUKASI WALI MURID DALAM PERKEMBANGAN DARING AGAR MELEK IT

Oleh:

Famela Octa Viola

(Prodi Ilmu Administrasi Publik)
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat) dengan cara memberikan pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan dan perkembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu mekanisme kerja dan teknologi persyaratan tertentu.

KKN merupakan kegiatan yang berhubungan dengan berbagai disiplin ilmu dan berkaitan dengan berbagai sektor pembangunan. Kegiatan dan pengelolaan KKN dapat menjamin diperolehnya pengalaman belajar dan melakukan kegiatan pembangunan masyarakat secara kongkrit yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat yang terlibat.

Namun di Tahun 2020 ini menjadi tahun yang bebeda bagi Mahasiswa UMSIDA yang sedang melakukan kegiatan KKN. Pasalnya mereka melakukan kegiatan KKN dimasa Pandemi COVID-19. Lantaran berada di tengah pandemi program KKN Tangguh UMSIDA dilaksanakan secara individu di daerah asal atau domisili masing-masing Mahasiswa, namun laporan kegiatan tetap dikerjakan secara berkelompok.

Hal tersebut dijadikan alasan oleh Famela Octa Viola selaku peserta KKN Tangguh UMSIDA kelompok 24 untuk memberikan bantuan pelatihan kepada salah satu Wali Murid yang berada di sekitar rumahnya yang beralamat di Desa Pandean RT 10/ RW 01 Banjarkemantren, Buduran-Sidoarjo.

Ibu Fitroh selaku target sasaran kegiatan KKN Tangguh UMSIDA yang bekerja sebagai buruh pabrik mengungkapkan bahwa dengan adanya Pandemi COVID-19 ini kegiatan belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka antara guru dengan muridnya. Sehingga peran Orang Tua lah yang harus menggantikan dan memberikan pembelajaran kepada anaknya di rumah.

“Saya sangat kesulitan dalam mengajari anak Saya karena tidak begitu paham betul mengenai penggunaan aplikasi berbasis online yang kini digunakan oleh para Guru dalam penyampaian materi pada Siswanya.” Pungkas Ibu Fitroh

Famela membantu Ibu Fitroh dengan memberikan pembelajaran cara menggunakan aplikasi daring yaitu dengan diawali memberikan pelatihan serta pengajaran bagaimana cara menggunakan aplikasi Google Meet lalu dilanjutkan dengan bagaimana cara membuat serta bergabung dalam grup meeting.

“Saya sangat terbantu dengan adanya Mbak Famela dalam melaksanakan kegiatan KKN Tangguh UMSIDA di tempat tinggal Saya. Kini Saya jadi mengerti bagaimana cara menggunakan aplikasi berbasis online sehingga Saya dapat mendampingi anak Saya dalam pembelajaran jarak jauh yang diberikan para Guru dan yanh masih berjalan hingga saat ini.” Pungkas Ibu Fitroh

Tinggalkan Komentar