Memanfaatkan Media Sosial untuk Mempromosi Produk UMKM Warga

KKN Tangguh Umsida

Aris 98 Kali Dilihat 0 Komentar

Memanfaatkan Media Sosial untuk Mempromosi Produk UMKM Warga

Pendampingan pembuatan akun instagram baru

Oleh:

Ni’matul Fauziyah

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 

 

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menyelenggarakan kegiatan KKN Tangguh ditengah masa pandemi Covid-19. Meskipun demikian, tak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk melaksanakan program-program kegiatan KKN. Pada KKN kali ini, setiap mahasiswa melaksanakan kegiatan secara individu di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Tak lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pada setiap kegiatan yang dilaksanakan. Ni'matul fauziyah, salah satu mahasiswa KKN Tangguh dari kelompok 18 melaksanakan program kegiatan pendampingan UMKM. Target sasarannya yaitu Pak Kholiq, pemilik usaha pentol di Desa Ketegan Rt 3 Rw 2 Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.

Adanya wabah pandemi Covid-19 seperti saat ini sangat berdampak pada kegiatan UMKM masyarakat. Mulai dari menurunnya penjualan, hingga kerugian akibat produk yang tidak laku terjual. Seperti yang terjadi pada usaha milik Pak Kholiq, pendapatannya selama beberapa bulan terakhir ini mengalami penurunan. "Pak kholiq biasanya berjualan keliling, selama pandemi ini hanya berjualan di depan rumahnya saja yang beli ya hanya tetangga sekitar." tutur Ni'matul pada Jum'at (4/8). Karena minimnya informasi sehingga tidak banyak yang mengetahui lokasi tempat jualan yang sekarang.

"Untuk menyiasati hal ini, perlu dilakukan kegiatan promosi produk agar semakin dikenal masyarakat luas." ujar Ni'matul. "Kegiatan promosi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram yang sekarang lagi tren dikalangan masyarakat." pungkasnya.

 

Pembuatan konten foto produk

Pembuatan konten foto produk

 

Proses pelaksanaan kegiatan diawali dengan membahas tentang media sosial instagram serta kelebihan-kelebihannya dalam mempromosikan sebuah produk. Hal ini dilakukan karena Pak Kholiq sang pemilik usaha belum pernah menggunakan media sosial Instagram jadi belum tahu banyak mengenai aplikasi ini. Setelah itu, menunjukkan cara pembuatan akun baru serta cara penggunaannya. Tak lupa untuk membuat konten-konten foto produk yang menarik. Hal ini sangat penting, agar masyarakat tertarik untuk membeli produk ini. Selain itu, juga menambahkan informasi mengenai contac person, jam buka, dan lokasi jualan yang sekarang agar semakin banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Pelayanan delivery order

Pelayanan delivery order

 

Tak hanya itu, mereka juga memberikan pelayanan delivery order dengan mengantarkan pesanan langsung ke rumah customer dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan hand sanitizer setelah proses transaksi.

Dengan adanya kegiatan promosi dan penjualan secara online melalui media sosial Instagram ini, produk UMKM pentol milik Pak Kholiq semakin dikenal masyarakat luas dan mengalami peningkatan penjualan yang signifikan.

Tinggalkan Komentar