Alumni SMPN 1 Taman Sidoarjo 79 Ajak Gerakan Pakai Masker

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Selama masa pandemi Covid-19, masker merupakan hal yang wajib untuk dikenakan, terutama pada masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah terpaparnya Virus Corona.

"Penggunaan masker bisa menghindarkan kita dari terkena cipratan droplet sebagai sarana penularan virus. Hal tersebut yang menyebabkan masker menjadi alat penting untuk melindungi diri serta orang lain dalam mencegah penularan Covid-19," demikian disampaikan Agung Subaly,

Ketua Alumni 79 akhir pekan kemarin kepada Swaranews.com. Diungkapkannya, selama masa pandemi Covid-19, masker wajib dikenakan jika berada di luar rumah, ketika berbicara dengan orang lain, dan ketika sedang sakit agar tidak menularkan dan tertular penyakit. Selama masa adaptasi kebiasaan baru yang sudah memasuki bulan ke sepuluh , berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengajak masyarakat menggunakan masker.

“Agar seluruh pihak mau menggunakan masker, perlu adanya kampanye dan gerakan Penggunaan masker di semua lini masyarakat. Terutama di pedesaan yang masih kurang. Waktu akhir pekan, alumni SMPN 1 Taman Sidoarjo memanfaatkan waktu membagikan masker secara gratis kepada pengguna jalan di Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo," papar Agung Subaly.

Agung menyatakan bahwa mereka mengajak masyarakat untuk menggunakan masker dengan tertib ketika berada di luar rumah.

Menurut Agung, Lokasi yang disasar baru kecamatan Tarik persis di depan Café Cahaya yang memang kesadaran masyarakatnya untuk menggunakan masker saat di luar rumah masih kurang. Terbukti para pengguna jalan terutama anak muda masih banyak yang tidak menggunakan masker.

“Pakai masker, maskernya dipakai,” kata Syaifuddin Sadik, salah satu alumni 79 yang membagikan masker kepada pengguna jalan.

Dia juga mengajak pengguna jalan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, agar wabah virus corona atau Covid-19 tidak semakin meluas. Warga juga diajak agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus pandemi ini.

"Tetapi ke depan kami berusaha menjangkau lokasi yang lain terutama pusat keramaian. Acara bagi-bagi masker ini digelar atas kesadaran bersama para alumni," terang Agung,Ketua Alumni SMPN 1 Angkatan 1979 yang juga Anggota Polda Jatim ini, Minggu (18/10/2020).

Agung menegaskan bahwa himbauan agar melaksanakan protokol kesehatan ini dilakukan, mengingat masih banyaknya warga di Kabupaten Sidoarjo yang belum mengikuti anjuran Pemerintah. Ajakan untuk memakai masker, menjaga jarak atau physical distancing serta perilaku hidup sehat disampaikan dalam kegiatan tersebut. Warga diminta agar tidak mengabaikan protokol kesehatan lantaran pandemi belum usai.

"Sudah banyak orang yang terpapar lantaran virus ini. Bahkan juga sampai meninggal dunia. Sebab itu, masing-masing harus menjaga diri agar tetap disiplin," tegasnya. (Sha)

Editor : redaksi