Dr. Siti Marwiyah: Unitomo Butuh Pemimpin Yang Transformatif

avatar swaranews.com

Swaranews.com - "Pimpinan Universitas Dr. Soetomo, Surabaya, tahun 2021-2025, sudah harus mengembangkan Kepemimpinan Tranformasional", demikian kata Dr. Siti Marwiyah, Calon Rektor Unitomo 2021-2025 dalam paparan Visi dan Misinya sebagai Calon Rektor Unitomo di hadapan para Penilai dan Anggota Senat Unitomo, Jum'at (7/5/2021), pukul 13.00 di Ruang RM Soemantri lt 3 gedung A Unitomo.

Karakter Pemimpin Tranformatif, menurut Marwiyah, yang sebelumnya sebagai Warek 1 Bidang Akademik, adalah Pemimpin yang memiliki sifat-sifat sebagai berikut: Pertama, memiliki sifat "Idealized Influence", yaitu pemimpin atau rektor harus menjadi contoh yang baik, yang dapat diikuti oleh civitas akademika, sehingga akan menghasilkan rasa hormat dan percaya kepada pemimpin atau rektor. 

Baca Juga: Yudisium Fikom Unitomo Dimeriahkan Dengan Gelar Pakaian Adat

Kedua, bersifat "lnspirational Motivation", yaitu rektor harus bisa memberikan motivasi, dan target yang jelas untuk dicapai oleh seluruh elemen civitas akademika. Sifat pemimpin transformatif.

Ketiga, kata Marwiyah, yang juga adik kandung Prof. Dr. Mahfud MD ini, adalah "Intellectual Simulation", yaitu rektor harus mampu merangsang semua civitas akademika untuk memunculkan ide-ide dan gagasan-gagasan baru.

Baca Juga: Peduli Literasi Budaya, FIKOM UNITOMO Gelar BERAGA BUDAYA JAWA TIMURAN

Rektor juga harus  mendorong civitas akademika menjadi problem solver dan memberikan inovasi-inovasi baru dibawah bimbingannya. Dan tidak kalah pentingnya, lanjut Marwiyah, adalah sifat keempat yaitu "Individualized Consideration",

Rektor itu harus memberikan perhatian, mendengarkan keluhan, dan mengerti kebutuhan semua unsur civitas akademika.

Baca Juga: PMM Di Unitomo Bertukar Sementara Bermakna Selamanya

Selesai paparan visi dan misi tersebut, salah seorang Anggota Senat Unitomo, yang memiliki hak suara, yang tidak mau disebut namanya, menyatakan bahwa konsep pemimpin transformatif yang diusung  Dr. Siti Marwiyah lebih membumi dan manusiawi,  dibanding visi misi Calon Rektor lainnya yang melangit dan hanya menyampaikan laporan capaian Rektor Unitomo 2 periode sebelumnya. (sub)

Editor : redaksi