Gatra Awards Memberi Anugerah Kepada BPN

avatar swaranews.com

Oleh: Vanja Dio Nur Rohman

Prodi: Administrasi Publik

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 

 

Jakarta, Jumat (30/4). Gatra Awards memberi anugrah kepada Kementerian BPN dalam Kategori Layanan Kementerian dan Lembaga Negara untuk Inovasi Pelayanan Digital Bidang Agraria, Tata Ruang dan Pertanahan. Gatra Innovation Awards tahun ini mengusung tema "Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat" yang digelar secara daring.

 Kementerian BPN memberi terobosan kebijakan pada empat layanan pertanahan sejak kurun waktu 2019 hingga 2020 tentang Inovasi digital. Layanan-layanan yang sudah diintegrasikan menjadi layanan digital adalah hak tanggungan elektronik, surat keterangan pendaftaran tanah, pengecekan sertifikat tanah, dan informasi zona wilayah tanah.

  Kementerian BPN juga akan memberlakukan sertifikat elektronik untuk kepemilikan tanah pada tahun 2021. Sehingga, nantinya data dan fisik pertanahan akan secara menyeluruh terintegrasi secara digital, akan tetapi Sekjen Kementerian ATR BPN, Himawan Arief Sugoto, mengatakan bahwa pihaknya tengah berbenah dalam rangka melakukan transformasi digital untuk memodernisasi pelayanan. Adanya 126 juta bidang tanah di Indonesia, dan karenanya, tidak mungkin jika kementerian tersebut melakukan pelayanan secara konvensual.

 

Editor : Muiz