Sumber Gempong, destinasi wisata Instagramable di Trawas

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Trawas saat ini menjadi idola untuk masyarakat Surabaya, Sidoarjo, Pasuran dan sekitarnya. Trawas yang berada di kabupaten Mojokerto dua tahun terakhir ini menjadi idola karena mulai banyak bermunculan destinasi wisata alam yang instagramable. 

Trawas menjadi rival wisata Malang karena kondisi geografisnya yang sama-sama pegunungan dan sejuk tentunya, cocok untuk refreshing. Keindahan alam kawasan Trawas saat ini menjadi incaran banyak investor pariwisata. tentu saja perkembangan ekonomi Trawas saat ini tidak lepas dari peran serta pemerintah setempat, tokoh masyarakat dan juga masyarakatnya.

Baca Juga: 15 Ribu Wisatawan Kunjungi Kebun Binatang Surabaya

Seperti contoh kawasan wisata alam Sumber Gempong, yang terletak di dusun Sukorame, desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Mampu menciptakan destinasi wisata baru dan berhasil. Terwujudnya wisata Sumber Gempong berasal dari ide Kepala Desa H. Zainul Arifin. SE yang ingin meningkatkan ekonomi warganya dengan mengajak warga desa swadaya menciptakan destinasi wisata desa.

Destinasi wisata ini sangat direkomendasikan untuk Liburan bersama keluarga. Akses jalannya bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil dengan medan yang masih ramah. Sayangnya belum ada kendaraan umum untuk menuju tempat ini.

Baca Juga: Abdul Ghoni Siapkan Kampung Herbal Nginden Menjadi Destinasi Wisata Kesehatan

Untuk masuk dan menikmati fasilitas tempat wisata ini sangat ekonomis. Tiket masuk cukup Rp 5.000 sudah termasuk berenang, ATV 3X putaran Rp 25.000, Kereta Rp 10.000, Sepeda udara Rp 10.000, Sepeda bebek air Rp 10.000. Selain itu pengelola juga menjual paket camping Rp 50.000 / orang. Sudah termasuk perlengkapan camping dan sarapan pagi.

Yang menarik dari tempat ini kita bisa beristirahat dan foto-foto di gazebo yang terletak ditengah persawahan petani. Kita akan serasa warga setempat karena bisa berinteraksi dengan para petani yang sedang bekerja.

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2023, Wisatawan yang Berkunjung ke Surabaya Tembus 17,4 Juta

“Di sini para petani memang kami ajak kerjasama, supaya para pengunjung bisa menikmati suasana pedesaan secara utuh dan mereka bisa kembali fresh setelah pulang ke kota,” ujar Karno Hadisucipto (42) kordinator wisata Sumber Gempong.

Eiiits.. yang perlu diketahui, semua wahana wisata Sumber Gempong baru bisa dinikmati setelah masa PPKM berakhir ya, dan saat berkunjung jangan lupa selalu jaga protokol kesehatan. (bwo)

Editor : redaksi