DAMPAK KRISIS EKONOMI COVID-19 DI INDONESIA

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Dampak yang pertama yang sangat terasa dan mudah sekali dilihat adalah melemahnya konsumsi rumah tangga atau melemahnya daya beli masyarakat secara luas.

Hingga saat ini, masyarakat mengalami penurunan daya beli yang sangat signifikan.

Baca Juga: 215.646 Pelajar Surabaya Sudah Gunakan Katepay, Jajan di Kantor Sekolah Cukup dengan Uang Elektronik

Dampak kedua yang sangat terlihat di DIY sebagai bagian tidak terpisahkan dari ekonomi nasional adalah menurunnya angka Investasi diberbagai sektor usaha.Ketidakpastian akibat pandemic mengakibatkan banyak masyarakat ragu untuk memulai investasi, pengusaha pun demikian.

Ada keraguan apakah investasi yang dilakukan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.Keraguan berinvestasi mengakibatkan dunia usaha tidak bergerak seperti yang diharapkan.

Dampak ketiga adalah pelemahan ekonomi daerah dan nasional. Penurunan penerimaan pajak, perlambatan pertumbuhan ekonomi menjadi tantangan bagi pemerintah daerah dan nasional dikala pandemic.Tekanan penerimaan sektor pajak mempengaruhi pendapatan yang diterima pemerintah sehingga cukup menghampat pendanaan program

Dampak keempat adalah pergeseran pola bisnis dan penerapan bisnis model yang tidak biasa.Pembatasan akses mobilitas masyarakat untuk bertemu dalam berbagai kegiatan termasuk didalamnya kegiatan bisnis/ekonomi mengakibatkan tumbuhnya pergeseran bisnis model yang ada saat ini. Shifting ekonomi konvensional yang dahulu diprediksikan masih membutuhkan waktu untuk implementasi dimasyarakat ternyata dalam kondisi pandemik seperti saat ini, semua pihak dituntut untuk beradaptasi dengan bisnis model yang baru

Baca Juga: 4.396 Siswa Berebut Beasiswa Penghafal Kitab Suci, Wali Kota Eri: Tiap Tahun Antusiasme Meningkat

 Dampak kelima yang cukup signifikan adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pandemik covid-19 mendorong semua orang untuk tidak lagi beraktivitas secara konvensional. Pembatasan pertemuan.

Upaya untuk mempertahankan ekonomi kita menurut saya yaitu dengan cara mengharuskan kita untuk tetap inovasi dan kretif dalam memanfatkan peluang,agar tidak semakin terpuruk dalam keadaan kerisis.

Jikia kita tidak peduli dan tidak dapat menangani itu dengan baik, maka dikawatirkan pada masa yang akan datang akan terulang kesalahan yang sama sehingga ekonomi akan terus mengalami penurunan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Buka Pendaftaran Siswa Inklusi dengan Sistem Zonasi

Peran perguruan tinggi dan mahasiswa dalam upaya memulihkan ekonomi, yakni bertindak sebagai bagian dari pertumbuhan ekonomi, yakni bertindak sebagai bagian dari pertumbuhan ekonomi dengan menerapkan teori dan ilmu yang dimiliki, seperti melajukan ekonomi terutama pada UMKM disekitar yangsedang lesu.

Respon yang terjadi dimasarakat yakni mengurangi belanja akibat pemutusan hubungan kerja [ PHK ] dan lainnya, sehingga mereka harus cermat dalam menglolah keuangan.

Editor : redaksi