Peran Organisasi Pengelolaan Pengembangan Masyarakat

avatar swaranews.com

Searanews.com - Pengembangan organisasi adalah proses terencana yang dilaksanakan oleh seluruh anggota organisasi untuk mengembangkan kemampuan dalam kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berubah untuk mencapai kinerja yang optimal.

Pengembangan organisasi adalah program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintergrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.

Baca Juga: 215.646 Pelajar Surabaya Sudah Gunakan Katepay, Jajan di Kantor Sekolah Cukup dengan Uang Elektronik

Tujuan utama Pengembangan Organisasi adalah untuk perbaikan fungsi organisasi itu sendiri. Peningkatan produktivitas dan keefektifan organisasi membawa implikasi terhadap kapabilitas organisasi dalam membuat keputusan berkualitas dengan melakukan perubahan terhadap struktur, budaya, peran, dan teknologi.

Pendekatan utama terhadap hal ini adalah mengembangkan budaya organisasi yang dapat memaksimalkan keterlibatan orang dalam pembuatan keputusan yang efektif dan dapat memahami pembelajaran dalam organisasi.

Pembelajaran Organisasi menurut Dr. Peter M.Senge ialah dimana orang-orang didalamnya meng-expand kapasitas yang dimilikinya, dibina dan dikembangkan sehingga mereka bebas memberikan aspirasi kepada organisasi.

Salah satu organisasi yang paling terkenal di Indonesia yaitu Karang Taruna atau yang sering disebut sebagai Kartar.

Kartar adalah organisasi sosial yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kesadaran dan tanggung jawab bagi generasi muda di masyarakat, khususnya di desa dan beroperasi terutama untuk kesejahteraan sosial.

Tugas Pokok Kartar Secara bersama-sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

Pengurus Karang Taruna tingkat Desa dipilih dan disahkan dalam Temu Karya Desa. Pengurus Karang Taruna tingkat Desa dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa dan dilantik oleh Kepala Desa.

Mengikuti karang taruna tidak ada ruginya. Banyak manfaat bagi generasi muda yakni mempererat silahturahmi, memperbanyak relasi, menghindarkan para pemuda dari pergaulan yang tidak benar, menumbuhkan kesadaran generasi muda tentang tanggung jawab kepada lingkungan, menambah akrab antar generasi muda dan menambah informasi terkait kegiatan yang dapat mengembangkan pribadi atau masyarakat umum.

Dengan tujuan, menjadikan generasi muda memiliki motivasu tinggi, dan mampu menjalin sebuah toleransi.

 Hal itu diharapkan dapat menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: 4.396 Siswa Berebut Beasiswa Penghafal Kitab Suci, Wali Kota Eri: Tiap Tahun Antusiasme Meningkat

Di salah satu desa yang berada di Kecamatan Sukodono pada akhir tahun 2020 organisasi karang taruna tidak lagi aktif sampai saat ini karena Sejak mewabahnya Virus Corona (Covid 19) yang menyebabkan generasi muda dan warga takut apabila hendak keluar rumah.

Selain itu, pimpinan Karang Taruna kurang fokus membimbing dengan alasan tidak bisa meninggalkan pekerjaannya sehingga membuat generasi muda bermalas-malasan dan susah untuk berkumpul bersama.

Berbeda seperti tahun yang lalu, Anggota Karang taruna berhasil mengadakan Jalan sehat dengan adanya pembagian doorprize yang diikuti oleh semua warga beserta dihadiri oleh Kepala Desa.

Tentu saja, sebagai generasi muda kita harus memiliki perubahan yang lebih baik dan harus keluar dari zona nyaman. Tidak dipungkiri seiiring berjalannya waktu dengan berkurangnya covid 19 pada tahun 2022 kini Karang taruna di Kecamatan Sukodono mulai aktif kembali.

Salah satunya ialah Bertepatan dengan Idul Adha pada tanggal 10 juli 2022. Para generasi muda beserta dengan warga bersemangat menuju ke Masjid Annur untuk melaksanakan Sholat Idul Adha yang dilanjutkan penyembelihan hewan qurban di pagi hari.

Anggota Karang Taruna membantu anggota Remaja Masjid agar acara terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil artikel, dapat disimpulkan bahwa pentingnya organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna dapat bertambah serta kesadaran untuk mendirikan dan mengembangkan organisasi kepemudaan akan semakin bertambah pula.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Buka Pendaftaran Siswa Inklusi dengan Sistem Zonasi

Dengan informasi dan pengetahuan Upaya peningkatan pada organisasi Karang Taruna ialah senantiasa melihat kedepan dan belajar dari pengalaman, adanya komunikasi dengan pengurus kartar, melakukan event untuk memilih ketua kartar secara bermusyawarah dengan melakukan vote biasanya didalam event ini disusun kepengurusannya juga secara langsung namun apabila belum memungkinkan minimal terpilih pimpinannya terlebih dahulu.

Inilah awal mulanya kita bisa bergerak aktif secara inovatif, dan melaksanakan kembali beberapa program. Aktifkan, Hidupkan dan berikan pengabdian sebesar besarnya karena sejauh apapun kita menuntut ilmu, setinggi apapun gelar kita itu tidak akan bermakna jika kita tidak bisa memberikan dampak bermanfaat untuk Masyarakat.

Penulis : Rizki Yefin Saputri.

Nim : 212020100074 Prodi : Administrasi publik

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Editor : redaksi