Penambahan 10 unit Bus Transjatim Pangkas Waktu Tunggu bingga 15 Menit

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Armada bus TRANSJATIM Koridor I rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik akan ditambah, dan siap beroperasi pada bulan April 2023 mendatang. Penambahan armada yang digawangi oleh Dinas Perhubungan Jawa Timur ini akan dilakukan sebanyak 10 unit untuk operasional dan 1 unit bus cadangan.

Sebelumnya, angkutan massal berbasis jalan yang dikembangan dengan skema buy the service itu hanya terdapat sebanyak 20 unit operasional dan 2 unit cadangan untuk Koridor I. Dengan penambahan ini, maka total armada menjadi 30 unit operasional dan 3 unit cadangan.

Adapun maksud dari penambahan armada TRANSJATIM Koridor I ini karena melihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan load factor terakhir di bulan Desember 2022 sebesar 138 persen.

“Antusiasme masyarakat yang tinggi dalam menggunakan armada TRANSJATIM ini mendorong kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama dari segi keamanan dan kenyamanan. Seperti waktu tunggu penumpang di halte dan keselamatan perjalanan,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, (20/1/2023).

Dengan adanya penambahan armada pada Koridor I ini maka waktu tunggu penumpang yang sebelumnya 30 menit dapat dipangkas menjadi 15 menit. Sehingga antrean penumpang pada tiap-tiap halte dan keluhan penumpang dikarenakan waktu tunggu yang cukup lama dapat teratasi.

“Faktor keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang menjadi prioritas. Ini menjadi bagian dari komitmen kami untuk menyediakan transportasi publik yang aman dan nyaman,” ia mengungkapkan.

Dari aspek keamanan, armada TRANSJATIM ini memiliki CCTV in dan out untuk menanggulangi kejahatan di angkutan umum. Serta, petugas yang juga sudah dibekali pendidikan pelayanan di angkutan umum.

Sementara dari segi keselamatan, terdapat spesifikasi alat penunjang yang sudah disediakan seperti Kamera AI (Artificial Intelligence) yang berfungsi mengontrol dan mengatur kecepatan bus yang di awaki oleh pramudi, serta bisa mendeteksi dan memperingatkan pelanggaran dalam operasional.

Selanjutnya dari segi kenyamanan, armada TRANSJATIM dilengkapi pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) dan pewangi ruangan. Dari segi keteraturan, dengan time table yang sudah ditetapkan dan tersedia pada aplikasi TRANSJATIM- AJAIB di Smartphone (Playstore dan Appstore) maka penumpang akan mendapatkan kemudahan informasi terkait jadwal keberangkatan bus.

“Kemudian dari segi kesetaraan, TRANSJATIM adalah moda yang bisa digunakan untuk semua kalangan, termasuk penumpang difable atau berkebutuhan khusus. Dimana tersedia kursi prioritas dan halte portable yang ramah kaum difable,” ia menguraikan.

Sedangkan dari segi keterjangkauan, tarif bus ini juga telah ditetapkan yakni Rp 2.500 untuk tarif santri, Rp 2.500 untuk tarif pelajar dan Rp 5.000 untuk tarif umum. (res)

Editor : redaksi