KA Panoramic Siap Manjakan Penumpang Tujuan Surabaya-Bamdung

avatar swaranews.com

Swaranews.com - PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan kembali Kereta Panoramic mulai bulan Februari 2023 ini, yang dirangkaikan pada kereta api (KA) Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung.

Adapun pengoperasian kembali Kereta Panoramic ini setelah menjalani beberapa evaluasi dari perjalanan Kereta Panoramic sebelumnya di masa angkutan Nataru tahun 2022/2023.

Baca Juga: FIFGROUP Hadir di Festival Foodies Palembang 2024

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Pasalnya, kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

“Di samping itu, pengoperasian kembali kereta ini dilakukan agar masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya dapat turut merasakan layanan KA Panaromic keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng,” kata Luqman, (3/2/2023).

Untuk jadwal keberangkatan, Kereta Panoramic beroperasi setiap hari Minggu dengan dirangkaikan pada KA Argo Wilis keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 07.30 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pukul 17.25 WIB dengan waktu tempuh 9 jam 55 menit.

"Jadwal lengkap operasional Kereta Panoramic selama Februari 2023 pada tanggal 5, 12, 19, dan 26 Februari 2023," ia menuturkan.

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya jadi Jujukan Wisatawan Luar Kota

Nah bagi pelanggan yang ingin menggunakan KA Panoramic, maka dapat melakukan pemesanan tiket KA Argo Wilis Panoramic di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

"Kereta Panoramic ini merupakan inovasi dari Balai Yasa Surabaya Gubeng, yang diperkenalkan kepada masyarakat pada rangkaian HUT KAI bulan September 2022 lalu. Masyarakat begitu antusias saat kereta Panoramic ini dioperasikan sementara pada masa Nataru 2022 - 2023 yang digabungkan dengan rangkaian KA Taksaka relasi Yogyakarta - Gambir," ia mengungkapkan.

Perlu diketahui, kapasitas angkut Kereta Panoramic sebanyak 38 tempat duduk, dan terdapat mini Pantry di dalam kereta tersebut untuk menyajikan makanan yang diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) ke para penumpang Kereta Panoramic.

Baca Juga: Ikut Program Tahara, Para Pelaku UMKM Jahit Benang Emas Hasilkan Rp65 juta untuk THR Lebaran

"Dalam setiap perjalanan, para pelanggan Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi, dan juga menikmati fasilitas Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, rak bagasi khusus di ujung kereta," ia memaparkan.

"Serta ditambah Panorama pemandangan yang indah dan menyenangkan karena Kereta Panoramic memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan,” ia melanjutkan. (res)

Editor : redaksi