KKN-T UMSIDA 2020, PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING

avatar swaranews.com

 Oleh:  Yuyun Chamidah

 

Adanya pandemi COVID-19 ini, UMSIDA membuat kebijakan untuk mahasiswanya melaksanakan KKN-T 2020 dengan tujuan agar mahasiswa bisa tetap melaksanakan KKN dengan mengabdi dan berkontribusi di desa atau kampung halamannya. Pandemi ini berdampak pada masyarakat terutama bagi para pelajar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran terkait kebijakan “Belajar di Rumah” sampai batas waktu yang belum ditentukan, tak terkecuali sekolah di Kota Mojokerto dengan harapan bisa menjadi langkah untuk menekan jumlah penyebaran COVID-19. Salaah satunya KKN Kelompok 38 oleh Yuyun Chamidah. Trobosan membuat media pembelajaran daring.

 

Sebagian guru di TK TRI BHAKTI MOJOKERTO masih belum menemukan ide untuk pembelajaran secara daring karena kondisi seperti ini, oleh karena itu kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran daring berupa PPT dan juga video di TK TRI BHAKTI MOJOKERTO bisa menjadi alternative untuk proses belajara mengajar yang menarik untuk usia dini. Dengan membuat PPT yang menarik dan penuh gambar akan membuat anak menjadi lebih senang dan pembelajaran akan lebih mudah untuk dipahami. Trobosan ini sangat mudah dipahami oleh guru dan juga menjadi minat anak usia dini untuk mengatasi ketika anak sedang bosan dalam proses pebelajaran dibanding tanpa media pembelajaran.

 

Pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 5 Agustus – 9 Oktober 2020. Proses dimulai dari koordinasi dan meminta izin kepada Kepala Sekoloah agar di acc untuk memberikan pendampingan kepada guru – guru yang masih belum faham dalam pembuatan media pembalajaran secara daring yang sekarang harus di terapkan dalam proses pembelajran pada masa pandemi ini. Karena itu inisiatif oleh Yuyun Chamidah peserta KKN-T 2020 untuk membantu dalam pembuatan media pembelajaran dari Microsoft Powepoint yang dibuat secara menarik dan bias ditampilkan secara slide dan secara online atau daring.
Selain membuat media pembelajaran melalui PPT, vidio yang menarik juga sangat efektif digunakan untuk pembelajaran secara online. Didalam vidio dapat diselipkan sedikit lagu dan tarian yang menbuat anak lebih bersemangat lagi untuk belajar

Editor : Muiz