Abdul Ghoni Beri Bantuan Unggas dan Telur ke Warga Margorejo Pacu Mandiri Wirausaha

AbdulbGhoni saat membagikan ayam kampung kepada warga Margorejoo
AbdulbGhoni saat membagikan ayam kampung kepada warga Margorejoo

Swaranews.com – Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am kembali mengedukasi masyarakat lewat langkah nyata. Kali ini, Caleg DPRD Kota Surabaya dari PDI Perjuangan Dapil 3 nomor urut 4 ini memberikan bantuan ayam kampung dan membagikan telur matang kepada warga RT 5 RW 03 Kekurahan Margorejo Kecamatan Wonocolo, Surabaya.

Menurut Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am Dirinya membagikan telur ayam matang, karena diakui telur memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa yaitu, tiga butir telur setara dengan satu gelas susu.

Baca Juga: A.H. Thony: Waspadai Komprador Politik

“Ada ratusan telur matang kita bagikan ke warga di wilayah Margorejo ini,” ujarnya kepada Wartawan, Minggu (4/2/2024).

Abdul Ghoni menjelaskan, selain membagikan telur, dirinya memberikan edukasi pentingnya ketahanan pangan dengan cara berternak mandiri. Dengan demikian, masyarakat tidak hanya terjamin kebutuhan nutrisi. Namun dengan beternak mampu mandiri secara ekinomi.

"Daging dan telur ayam Jawa (ayam kampung) memiliki kandungan protein yang sangat bagus. Maka jika ternak ayam Jawa dikelola dengan baik di setiap RT itu memiliki potensi ekonomi yang sangat besar," papar Cak Ghoni panggilan akrab Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am.

Baca Juga: DPRD Surabaya Support Pemkot Bangun Tanggul di Surabaya Barat

Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya ini menegaskan tentang pentingnya melestarikan ternak unggas jenis ayam kampung yang lazim sisebut ayam jawa. Alasan itulah yang menginisiasi Cak Ghoni memberikan bantuan unggas tersebut.

"Misalnya, setiap RT bisa memproduksi daging ayam Jawa setiap hari, ini bisa membuka peluang ekonomi. Belum lagi telurnya, kita ketahui harga jual telur ayam Jawa cukup mahal karena bermanfaat bukan hanya untuk konsumsi, melainkan juga untuk jamu,” bebernya.

Maka problemnya, kata Cak Ghoni, adalah bagaimana warga itu nantinya bisa diarahkan oleh para pemangku RT dan RW setempat, agar ternak ayam Jawa diwilayahnya tidak sampai menganggu lingkungan setempat.

Baca Juga: Ketua DPD PSI Surabaya Mengwasi Jalannya Rekapitulasi di Seluruh Kecamatan

Sementara itu Ketua RT5, Krisbiantoro mengakui, warganya cukup senang adanya bantuan telur dan ayam Jawa untuk ternak dari anggota dewan yang juga caleg incumbent PDIP Dapil 3 Surabaya Pak Abdul Ghoni,

“ Ada 66 KK di RT kami, dan bantuan ayam Jawa sangat berarti bagi warga untuk bisa kita kembang biakkan secara mandiri, agar bisa kita jual daging dan telurnya,” tukas Krisbiantoro. 

Editor : amar