Sukadar Tegaskan Kewajiban Seorang Wakil Rakyat

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya Sukadar menjelaskan bahwa tugas dan fungsi dewan, yaitu Legislasi (Pembuatan Undang-Undang) , Budgeting (Penganggaran) dan Controling (Pengawasan).

Hal itu disampaikan saat Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya ini menjalankan tugas kedewanannya menemui masyarakat. Kali ini dilakukan kepada para pengurus RT dan RW se-kelurahan Simomulyo Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya.

Baca Juga: Wakil Sekretaris DPC PDIP Sebut Coklit jamin hak demokrasi warga dalam Pemilu Kepala Daerah

"Ada tiga jalur untuk pengajuan usulan pembangunan. Bisa melalui Musrenbang, yang ke dua melalui Dewan, atau yang lebih ampuh langsung ke Walikota," Cak Yo panggilan Sukadar, Kamis (17/2/2022).

Terkait usulan warga di resesnya, Sukadar kepada media mengatakan masih relatif sama dengan sebelum-sebelumnya.

"Pemerintah tidak bisa memberi sesuatu apabila tidak tahu kebutuhan masyarakat di masing- masing wilayah," terang Politisi senior PDI Perjuangan Surabaya ini.

Mengenai PJU (Penerangan Jalan Umum, red), Ia mengaku akan segera mengkoordinasikan dengan dinas terkait.

"Warga RT 01 RW 07 Simomulyo, selama ini masih swadaya membayar untuk penerangan jalan," urainya menyebut salah satu nama pengurus RT setempat.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, ada pula pengurus RT yang mengajukan WIFI untuk kegiatan warga.

Baca Juga: Bertemu DPC PDIP Surabaya, Ketua Kadin Bahas Pengembangan Potensi Ekonomi Perkotaan

"Kalau urusan ini, saya masih bisa back up dengan dana pribadi. Besok langsung bisa dipasang, urusan bulanan biar saya sama pak RW. Tapi ini masih terbatas sesuai kemampuan saya," ungkap Kadar.

Nah, sesuai usulan dari pengurus LPMK terkait ketiadaan Tempat Pemakaman Umum (TPU, red) di Simomulyo, Sukadar minta dikoordinasikan dengan seluruh elemen masyarakat Simomulyo kemudian bisa bersurat ke DPRD Kota Surabaya untuk permohonan hearing.

Leguslator dua periode ini memuji kinerja Walikota Surabaya dan Wakil Walikota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji yang merupakan kader PDI Perjuangan.

"Saat ini, Walikota sedang sayang-sayangnya kepada para RW. Di seluruh RW akan diberikan perlengkapan berupa komputer, print, proyektor, kursi, tenda dan beberapa perlengkapan yang lain. Dan sebagian sudah turun," bebernya.

Baca Juga: DPRD Surabaya Apresiasi Pemkot atas Capaian Perbaikan Jalan dan Saluran

"Tolong ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pelayanan warga," harap Sukadar.

Agenda reses yang berlangsung hangat tersebut, ditutup janji Sukadar yang mengaku siap memfasilitasi apapun kebutuhan masyarakat sesuai aturan yang berlaku.

"Buat apa saya jadi Dewan jika tidak bermanfaat bagi masyarakat, kalau ada Dewan seperti itu, turunkan saja," pungkas Kadar. (mar)

Editor : redaksi