Lucy Kurniasari: Kemenkes Harus Segera Atasi Hepatitis Akut

avatar swaranews.com
Lucy Kurniasari Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat. (Tim)
Lucy Kurniasari Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat. (Tim)

Swaranews.com - Kementerian Kesehatan harus segera meneliti hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya agar tidak menimbulkan korban lebih banyak lagi.

"Korban tiga anak tidak boleh lagi bertambah akibat terlambatnya penelitian penyebab hepatitis akut. Kemenkes harus menggunakan semua sumber daya yang dimiliki agar secepatnya mengetahui penyebab hepatitis akut," ujar Lucy Kurniasari, Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur 1 (Surabaya dan Sidoarjo), Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Kesehatan Preventif, Pemkot Surabaya Resmikan 153 Pustu ILP

Menurutnya, hanya dengan mengetahui penyebabnya, Kemenkes dapat mengobati dengan tepat pasien yang terkena hepatitis akut.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Segera Dirikan Rumah Sakit di Surabaya Utara dan Selatan

"Dengan begitu, penyakit hepatitis akut dapat diatasi lebih awal sehingga korban jiwa dapat diminimalisir," papar Lucy Kurniasari.

Legislator nasional yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya ini menegaskan bahwa hal itu harus segera dilakukan karena memang menjadi fungsi dan tugas Kemenkes untuk mengatasi penyakit di tanah air, termasuk hepatitis akut. Kemenkes harus menggunakan semua laboratorium yang dimiliki sehingga penyebab hepatitis akut segera terungkap.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Tingkatkan Antisipasi Resiko Penularan DBD 

"Saya percaya SDM dan fasilitas yang dimiliki Kemenkes lebih dari cukup untuk mengungkap penyebab hepatitis akut. Tinggal Menteri Kesehatan memerintahkan aparatnya melakukan penyelidikan segera mungkin, hal itu akan teratasi secepatnya," tutup Lucy Kurniasari. (mar)

Editor : redaksi