GIIAS 2023 Edukasi Ratusan Ribu Pengunjung Luncurkan 44 Kendaraan Baru

avatar swaranews.com

Baca Juga: Tradisi Berlimpah Ruah di Tahun Naga Kayu, The Southern Hotel Surabaya

Swaranews.com – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) berakhir pada Minggu, 20 Agustus 2023. Pameran GAIKINDO yang ke-30 ini telah berhasil terselenggara dengan luar biasa.
 
Bagi GAIKINDO pameran GIIAS 2023 menjadi milestone khusus, sebagai penyelenggaraan pameran GAIKINDO yang genap ke-30 kali, dan adalah pameran yang menghadirkan jumlah merek kendaraan terbanyak dalam kurun waktu delapan tahun kebelakang, serta tahun ini GIIAS kembali menyajikan inovasi baru industri otomotif. “GAIKINDO sangat bangga GIIAS 2023 kembali jadi ajang peluncuran lebih dari 40 inovasi terbaru dari industri otomotif Indonesia, yang artinya lebih banyak lagi informasi dan edukasi mengenai teknologi industri otomotif yang disajikan kepada masyarakat Indonesia, khususnya kendaraan berbasis listrik yang sedang terus digalakkan,” tutur Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi.
 
Pernyataan ini juga didukung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya pada pembukaan GIIAS 2023, ”Pemerintah terus mendorong, penurunan karbon dengan kendaraan listrik, saya dengar dan lihat (di GIIAS, merek) otomotif banyak yg akan masuk ke Indonesia, oleh karena itu kami apresiasi penyelenggaran pameran GIIAS dengan tema Future Now,” ujarnya.
 
Perkembangan dan capaian industri otomotif Indonesia tentunya tidak lepas dari dari dukungan berbagai pihak, Yohannes Nangoi menyatakan dukungan Pemerintah Republik Indonesia, terutama pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Kementerian Perindustrian turut andil dalam catatan luar biasa industri otomotif di GIIAS 2023. ”Dengan dukungan dan kebijakan yang diterapkan pemerintah, industri otomotif Indonesia dapat terus berkembang, dan hasilnya dapat dilihat dari semakin banyaknya merek otomotif yang memasuki pasar Indonesia dan bergabung di GIIAS menampilkan teknologi otomotif terbaru mereka,” jelasnya.
 
Tahun ini GIIAS 2023 kembali menjadi tuan rumah bagi kehadiran berbagai inovasi teknologi otomotif, sebanyak 44 kendaraan penumpang dan komersial diluncurkan, termasuk diantaranya adalah peluncuran dua world premiere, kendaraan penumpang, dan juga kendaraan konsep. GIIAS 2023 juga menjadi tempat peluncuran bagi tiga sepeda motor dengan teknologi terkini.
 
Yohannes Nangoi juga mengungkapkan bahwa GAIKINDO terus berkomitmen untuk selalu memberikan informasi dan edukasi tentang perkembangan industri otomotif Indonesia kepada masyarakat melalui GIIAS, untuk itu GIIAS 2023 menyelenggarakan konferensi the 17th GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC) dan seminar harian yang mengangkat isu masa depan industri otomotif.
 
Usung Towards Net Zero Emission Now, GIAC 2023 akan menyoroti perkembangan Teknologi Baterai, Teknologi Manufaktur, Kebijakan Pemerintah, serta Tren Ekonomi Global. Pada konferensi satu hari yang telah berlangsung pada Selasa, 15 Agustus 2023 ini, GIAC mengulas isu terkini industri otomotif Indonesia bersama para pakar nasional dan juga internasional, antara lain; Basuki Tjahaja Purnama sebagai keynote speaker, kemudian juga menghadirkan Mohamad Dian Revindo, Ph.D dari LPEM FEB UI selaku moderator, serta Arif Pramadhana, Vice President PT. SGMW Motor Indonesia, Widjanarko, Diretur PT. Toyota Manufacturing Motor Indonesia, Bruno Breitencach perwakilan dari pemerintah Brazil, dan Jessada Thongpak, Research and Analysis Vehicle Production Forecast - S&P Global, sebagai para pembicara.
 
Pada GIIAS 2023 juga telah diselenggarakan tiga seminar harian otomotif, yang mengangkat tema Implementasi ASEAN MRA untuk meningkatkan Ekspor Produk Otomotif ke Regional ASEAN, Pengembangan Pasar Domestik “Upaya Untuk Keluar dari Jebakan Volume 1 Juta Unit”, serta tema Utilization of Renewable Energy Towards Net Zero Emission in 2060.
 
Isu otomotif terbukti sangat menarik untuk diikuti, total sejumlah lebih dari 650 peserta mengikuti GIAC dan tiga penyelenggaraan seminar harian lainnya di GIIAS 2023.
 
Antusiasme Dari Ratusan Ribu Pengunjung
 
Tahun ini GIIAS menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, terdiri dari 29 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling. 5 merek kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Serta 15 merek kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa. Selain itu, tiga merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023
 
Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO mengungkapkan bahwa seperti sebelumnya antusiasme pengunjung terhadap penyelenggaraan GIIAS sangat tinggi. “Antusiasme tinggi pengunjung terlihat setiap harinya di GIIAS 2023, dan yang luar biasa bagi kami adalah meratanya pengunjung yang hadir memenuhi seluruh area pameran, mulai dari area pamer peserta kendaraan penumpang, kendaraan komersial, serta area industri pendukung dipadati pengunjung. Tercatat 462.291 pengunjung hadir disepanjang penyelenggaraan GIIAS 2023,” ungkapnya.
 
Tahun ini kendaraan listrik disediakan tantangan khusus pada area Test Drive untuk membuktikan durabilitasnya dengan melewati water obstacle sejauh 10 meter dan sedalam kurang lebih 20 cm, dipersiapkan untuk meyakinkan pengunjung akan ketahanan kendaraan listrik. ”Tahun lalu area EV test track kendaraan listrik di GIIAS efektif membangun pengetahuan tentang kelebihan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai kepada para pengunjung, tahun ini pun tidak berbeda, apalagi para pengunjung dapat mengendarai langsung kendaraan listrik tersebut melewati hambatan air di GIIAS kali ini,” terang Rizwan. Sepanjang GIIAS 2023, area Test Drive dan Test Ride mencatat total sebanyak lebih dari 17 ribu trip mobil dan 5 ribu trip sepeda motor tercatat di aplikasi Auto360 yang berlangsung diarea tersebut.
 
Catatan sangat baik pada GIIAS tahun ini juga mencakup capaian para peserta disepanjang penyelenggaraan pameran, meski GAIKINDO tidak menetapkan penjualan sebagai target pada pameran GIIAS, namun pencapaian yang sangat baik dari GIIAS 2023, menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia. “GIIAS adalah upaya GAIKINDO untuk menunjukkan pertumbuhan dan prestasi industri otomotif Indonesia, dan juga menjadi dorongan untuk pertumbuhannya, melihat antusiasme peserta dan pengunjung pada penyelenggaraan kali ini, kami rasa GIIAS telah memenuhinya dengan baik,” jelas Rizwan.
 
Penyelenggaraan GIIAS 2023 mendapatkan dukungan penuh dari para sponsor; Astra Financial hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2023 bersama unit bisnisnya yaitu: FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, MauCash, MOXA, dan SEVA. Selain Astra Financial, GIIAS 2023 juga mendapatkan dukungan Powered by Pertamina, OLX member of Astra sebagai Official Trade in Partner serta sponsor lainnya GT Radial, JKIND, Protera, Denso, Astra Honda Motor, Super Challenge, KAHF, Le Minerale dan Teh Pucuk Harum.
 
Rangkaian GIIAS 2023 masih akan berlanjut ditiga kota lainnya di pulau Jawa. GIIAS Surabaya akan berlangsung pada 20 – 24 September 2023, di Grand City Convex, dilanjutkan dengan penyelenggaraan GIIAS Semarang pada 18 – 22 Oktober 2023, di Marina Convention Center, dan ditutup dengan pelaksanaan GIIAS di kota baru, GIIAS Bandung pada 22 – 26 November 2023, di Sudirman Grand Ballroom.
 
GIIAS 2024 Berlangsung di Bulan Juli
 
Penyelenggaraan GIIAS akan kembali hadir di tahun depan, tepatnya pada 18 – 28 Juli 2024 di ICE – BSD City, Kab. Tangerang. “Kami akan kembali merencanakan penyelenggaraan GIIAS yang lebih baik lagi ditahun depan, untuk itu GAIKINDO mengajak seluruh Agen Pemegang Merek (APM) anggota GAIKINDO mendukung penyelenggaraan GIIAS tahun depan, dan tentunya kami harap agar para pengunjung terus menjadikan GIIAS agenda wajib para pecinta otomotif Indonesia,” tutup Rizwan.
 

Editor : redaksi