Tingkatkan Hasil Panen Babinsa Serda Hari Berikan Saran Petani

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Babinsa Koramil Balongpanggang Serda Hari Santoso melakukan kegiatan komsos untuk meningkatkan hasil panen kangkung, dengan mengunjungi lahan kangkung milik Pak M. Sholeh yang berada di Desa Wahas, Kec. Balongpanggang, Kab. Gresik. Jumat (25/08/2023).

Kegiatan komsos dijalankan Serda Hari kebetulan saat Pak Sholeh sedang panen kangkung. Pak Sholeh mengaku bahwa masa awal tanam hingga sekarang tiba waktu panen membutuhkan waktu pemeliharaan tanaman kangkung hingga 1 bulan lebih.

Baca Juga: Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 H/2024 M di Masjid Al-Wathon Korem 084/BJĺllĺ

"Sebelum panen, saya telah melakukan pemupukan dengan arang sekam dan penyiraman secara berkala," ungkapnya.

Sambil berbincang dalam komsosnya itu, Babinsa Serda Hari menyarankan pada Pak Sholeh supaya dalam berbudidaya kangkung setelah ini untuk lebih optimal dan intensif dalam melakukan penyiraman. Karena tanaman kangkung darat sangat membutuhkan air dalam kapasitas yang cukup banyak agar tumbuh subur dan tidak kekeringan.

Baca Juga: Babinsa Koramil 0830/06 Benowo Pantau Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan

Begitu pula dengan kondisi tanaman kangkung harus diperhatikan dan bebas dari hama yang dapat merusak tanaman. Maka dari itu perlu dilakukan penyemprotan insektisida apabila kondisi tanaman kangkung terserang oleh hama tanaman.

"Sebetulnya tanaman kangkung darat cukup tahan terhadap serangan hama, namun ada kalanya karena pengaruh iklim dan sanitasi sehingga apabila terserang hama harus segera ditangani dengan penyemprotan insektisida," tutur Babinsa Serda Hari.

Baca Juga: Senam Pagi Bersama Koramil Kedamean Kuatkan Sinergitas di Wilayah

Dalam akhir komsosnya tersebut, Babinsa Serda Hari menyarankan agar petani kangkung binaannya tersebut tetap mempertahankan budidaya kangkung di lahannya. Demi ketahanan pangan dan untuk memenuhi permintaan kangkung di kalangan masyarakat. (mar)

Editor : redaksi