Babinsa Bungah Jalin Komsos Motivasi Peternak Burung Puyuh Binaannya

avatar swaranews.com

Swaranews.com -  Melalui kegiatan komsosnya, Babinsa Koptu Rofiq Koramil 0817/15 Bungah memotivasi peternak burung puyuh binaannya di Desa Sidomukti, Kec. Bungah, Kab. Gresik. Minggu (24/09/2023).

Menurut keterangan dari Pak Sukir selaku peternak burung puyuh, ia menggeluti usaha ternaknya sudah cukup lama dan kini semakin berkembang baik dari segi kuantitas burung ternak maupun penjualan hasil telurnya.

Baca Juga: TMMD Ke-119 akan digelar di Gresik dan Pamekasan

"Terkadang kendala kami terdapat pada harga penjualan telur puyuh yang tidak stabil, akibat persaingan sesama peternak yang menggunakan alat modern," kata Pak Sukir.

Saran diberikan Babinsa Koptu Rofiq guna memberikan wawasan dan motivasi supaya peternak burung puyuh binaannya tetap mempertahankan eksistensinya.

Baca Juga: Pengarahan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 084 PD V/Brw Pada Anggota Persit KCK Cab XLIV Kodim 0817

"Walaupun permainan harga lebih didominasi oleh peternak yang modern, Pak Sukir harus tetap fokus pada peningkatan jumlah telur yang dihasilkan," ujar Babinsa Koptu Rofiq.

Menurutnya, Pak Sukir harus mengoptimalkan nutrisi pakan yang diberikan pada burung puyuh ternak agar dapat menghasilkan telur yang lebih melimpah. Sehingga omset jual mengalami peningkatan.

Baca Juga: Pangdam V/Brawijaya Ingatkan Prajurit TNI Agar Memegang Teguh Netralitas pada Pemilu 2024

"Selain itu, kondisi kandang ternak harus dimodifikasi sedemikian rupa (kebersihan kandang, cukup penerangan dan ruang gerak yang memadai), agar burung puyuh tetap dalam kondisi sehat dan baik serta aktif bertelur," terangnya sambil membantu memberi pakan.

Dengan komsos yang aktif dilakukan Babinsa Koptu Rofiq, harapannya dapat memacu semangat peternak burung puyuh binaan. Demi peningkatan produktivitas burung puyuh dalam bertelur, sehingga omset penjualan mengalami kenaikan. (mar)

Editor : redaksi