Satgas Pamtas Yon Zipur 5/ABW RI- Malaysia diberangkatkan

*Satgas Pamtas Yon Zipur 5/ABW RI- Malaysia diberangkatka*

*Surabaya*,-Satuan tugas (Satgas) Pamtas RI - Malaysia dari Batalyon Zeni Tempur 5/ABW diberangkatkan oleh Komandan Kogartap III/Surabaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay. Upacara pemberangkatan yang juga dihadiri oleh Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Yusman Madayun, S.I.P. tersebut digelar di Dermaga ujung Surabaya pada Kamis, (30/05/2024).

Baca Juga: Babinsa Geger Respon Cepat Bantu Warga Evakuasi Truk Pasir Terbalik

Saat memimpin upacara Dankogartab III/Surabaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay dalam amanatnya menyampaikan, selaku pribadi dan sebagai Komandan Kogartap III/Surabaya memberikan apreasi yang tinggi teriring ucapan selamat atas kepercayaan yang telah diberikan Bangsa dan Negara kepada saudara sekalian dalam pengabdian menjaga keamanan NKRI melalui penugasan pengamanan perbatasan RI -Malaysia .

Pengamanan perbatasan RI-Malaysia adalah salah satu tugas yang diamanatkan oleh Negara kepada TNI seperti tercantum dalam Undang Undang No. 34 tahun 2004 tentang TNI, saudara mempunyai tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan, menjaga keutuhan NKRI yang berbatasan langsung dengan Malaysia, mengamankan patok-patok perbatasan Negara, menciptakan situasi yang kondusif sepanjang perbatasan kedua Negara, memberikan rasa aman kepada masyarakat serta membantu pihak pihak aparat terkait menangani permasalahan wilayah yang di perbatasan, seperti pelanggaran lintas batas, penyelundupan barang-barang ilegal termasuk Narkoba serta gangguan keamanan lainnya serta tidak kalah pentingnya kalian harus bisa membantu kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca Juga: Prajurit dan PNS Korem 084/BJ Mengikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba Dalam Rangka P4GN

"Saya yakin dan percaya dengan bekal latihan dan ilmu yang kalian dapat serta latihan Pra tugas yang kalian laksanakan selama ini, saudara akan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Oleh sebab itu segera lakukan adaptasi di tempat penugasan, pahami kultur budaya serta kondisi wilayah setempat, hormati adat istiadat setempat dan rebut simpati rakyat sehingga teruji kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat. Dalam memecahkan setiap permasalahan kalian harus melandaskan kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI. Laksanakan tugas ini dengan sebaik baiknya, tunjukkan jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara ProfesionL. Kedepankan sikap Profesionalisme , jangan mudah terpancing dengan profokasi yang negatif yang akhirnya akan merugikan satuan", pesanya.

"Perhatikan keamanan personel dan materiil baik selama melakukan serpas maupun selama berada di daerah Operasi serta senantiasa memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT sehingga dalam penugasan ini mendapatkan perlindungan dan kemudahan. Selamat jalan dan selamat bertugas kami menunggu keberhasilan tugas saudara saudara sekalian",pungkasnya.

Baca Juga: Bersama Empat Pilar Babinsa Benowo Kunjungi Balita Pra Stunting Diwilayah

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Jatim, Kaskogartab III/Surabaya, para Komandan Satuan, Ibu-ibu Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD V Brawijaya. 

Editor : amar