Pengasuh Pondok Al Munawir Krapyak Dan Para Santri Doakan AHY

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Sebagai rangkaian dari Safari Ramadan 1443 Hijriyah, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di Yogyakarta dengan bersilaturahmi ke Ponpes Al Munawir Krapyak, Rabu (6/4/2022).

Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal (istri almarhum Mbah Kyai Zainal, Putra alm. K.H. Muhammad Munawir yang mendirikan Pondok Pesantren beesejarah, pada tahun 1911) menyambut langsung AHY.

Baca Juga: Lucy Kurniasari: Eri Salah Satu Sosok Berpeluang Diusung Demokrat

Semasa hidupnya alm. Mbah Kyai Zainal dekat dengan SBY dan dianggap gurunya. Sedangkan semasa hidupnya, almh. Ibu Ani Yudhoyono bersahabat baik dengan Nyai Ida.

“Sudah lama saya ingin ke Krapyak, namun baru sekarang ada kesempatannya. Tadi pagi saya juga cerita ke Pak SBY bahwa akan mampir ke sini, beliau titip salam buat semuanya,” ucap AHY yang mengenakan baju Muslim dan sarung khas Yogya dengan motif parang.

Nyai Ida mengucapkan rasa syukurnya atas kehadiran Ketua Umum DPP Partai Demokrat ini.

“Alhamdulillah, waktu saya ditelpon Pak (Munawar) Fuad (Ketua Departemen 8 DPP PD) bahwa Mas AHY akan silaturahmi ke sini, saya sangat senang. Alhamdulillah masih ingat saya, dan alm. Mbah Zainal,” ujar Nyai di ruang tamu yang bersahaja, didampingi sejumlah pimpinan pondok pesantren.

“Saya langsung buka-buka kitab, dan ketemu hadits. Rasulullah Saw pernah bersabda Mas, peliharalah sahabat-sahabat dari orang tuamu, insya Allah besok di hari kiamat bersinarlah wajahnya. Mudah-mudahan apa yang disabdakan Rasulullah Saw benar-benar terjadi,” sambung Ibu Nyai.

Baca Juga: DPRD Dukung Keseriusan Pemkot Surabaya Pantau RHU Selama Ramadan

"Silaturahmi menambah umur, menambah rezeki."

Nyai Ida bersama para Kyai kemudian bersama-sama mendoakan almarhumah Bu Ani, mendoakan Ketum AHY serta mendoakan Indonesia agar menjadi negeri yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghaffur (makmur, baik dibawah lindungan Allah yang Maha Pengampun).

Sebelum pamit, para santri laki-laki maupun perempuan secara spontan minta foto bersama, dan juga mendoakan AHY agar sukses dalam perjalanannya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat H. Junaedy Caleg Partai Demokrat Dapil 1 Surabaya Nomor Urut 1

Ponpes Al Munawir Krapyak merupakan pondok pesantren tertua di Yogyakarta. Semula didirikan untuk menghafal Al-Qur'an, ponpes Al Munawir kini berkembang pesat, dengan ribuan santri.

Pada kunjungan kali ini AHY didampingi, Wasekjen Agust Jovan Latuconsina, Kepala Departemen Agama dan Sosial DPP Partai Demokrat Munawar Fuad, Kabalitbang Tomi Satryatomo, Ketua DPD Partai Demokrat DIY Erlia Risti serta Sekretaris DPD Fuad Burhan.

Dari pihak ponpes, Bu Nyai didampingi pimpinan pengasuh ponpes KH. R. Abdul Hamid Abdul Qadir, Ketua Takmir Masjid Al Munawir Krapyak KH. Muhtarom Busyro, Imam Masjid Al Munawir Krapyak KH. Fuad Asnawi, Ketua Yayasan Al Munawir Krapyak KH. Fairuzi Afiq Dalhar. (mar)

Editor : redaksi