Kisah Petualangan Asah Matematoka Dikemas Dalam IRGL 2022

avatar swaranews.com
Para Finalis saat bermain di game Utama IRGL 2022
Para Finalis saat bermain di game Utama IRGL 2022
Swaranews.com - Informatics Rally Games and Logic (IRGL) 2022 merupakan sebuah kegiatan tahunan sejak 19 tahun yang lalu oleh Informatics Department dan Business Information System UK Petra.
 
Gelaran babak final yang berhasil diikuti oleh siswa-siswi SMA se-Indonesia ini telah berlangsung beberapa waktu lalu.
 
“Rangkaian acara IRGL dikemas dalam bentuk gim seputar matematika dan logika sederhana. Sengaja kami buat menarik untuk mengukur kemampuan logika, critical thinking, dan teamwork siswa-siswi SMA se-Indonesia dengan cara yang menyenangkan,” kata Dosen Penanggung Jawab Acara Alexander Setiawan.
 
Mengangkat tema “The Lost Kingdom: Odyssey of The Sacred Excalibur”, tema ini menceritakan tentang sebuah pedang legendaris milik kerajaan yang telah lama hilang. Kemudian diadakanlah sebuah sayembara bahwa orang yang dapat menemukan dan berhasil menarik pedang tersebut akan mendapatkan kekuatan untuk mengembalikan kerajaan yang hilang itu.
 
Banyak orang berusaha mencari pedang tersebut. Namun, pedang itu tersembunyi dalam hutan belantara yang menyimpan banyak tantangan dan misteri.
 
Peserta yang mendaftar sebanyak 41 tim, terdiri dua atau tiga orang dalam satu tim siswa SMA dari seluruh penjuru Indonesia. Di antaranya berasal dari Medan, Pekanbaru, Samarinda, Banyuwangi, Palembang, Palopo (Sulawesi Selatan), dan seluruh Provinsi Jawa, seperti Jakarta, Tangerang, Malang, Pekalongan, Bandung, Bogor, Cileungsi, Magelang, Situbondo, Bondowoso, dan Surabaya.
 
Awalnya saat pre-eliminasi seluruh peserta diajak bermain mini games berupa soal matematika dan logika melalui website IRGL. Kemudian, terkumpulah 35 tim yang lolos untuk lanjut ke babak berikutnya.
 
Saat babak semifinal, terkumpulah 24 tim yang harus mempertahankan diri dalam gim battle ground yang dilakukan secara daring. Setiap tim bermain game bertemakan battle royale yang dikemas menggunakan sistem multiplayer.
 
Sementara itu, di babak final para peserta diminta memainkan enam permainan berbentuk pos yang tersebar di seluruh Gedung P Kampus UK Petra lantai 2 dan 3.
 
Setiap kemenangan dalam game kecil tersebut akan diberikan poin yang dapat digunakan untuk membeli item-item yang dapat membantu mereka memenangkan game utama dari final IRGL 2022.
 
Setelah mereka memainkan semua game kecil, peserta dapat bermain game utama dengan konsep melempar dadu untuk mencapai kotak finish. Setiap tim dapat menggunakan item-item yang telah dibeli untuk memperbesar kemungkinan mereka bergerak atau menghalangi pergerakan lawan.
 
“Rally gamesnya sangat beragam, total permainan dalam babak final mencapai 180 menit (3 jam). Juara 1 didapat dari peserta yang pertama kali mencapai kotak paling tengah atau kotak finish dengan waktu tercepat,” kata Ketua Acara Goldy Pongkaraeng Pasulu.
 
Setelah melalui berbagai rintangan, akhirnya terpilihlah tim SMA Kristen Petra 1, Surabaya, yakni Jevon Ivander, Richard Vincent dan Trevis Artagrantdy sebagai juara 1 yang berhasil menyelesaikan berbagai rintangan dalam IRGL 2022 dengan waktu 2 jam 47 menit dan berhak membawa pulang hadiah sebesar lima juta rupiah. (res)

Editor : redaksi

Peristiwa   

KESERUAN AKHIR PEKAN DI GIIAS 2024

Swaranews.com – Pada akhir pekan hari ini, pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 memasuki hari ketiga digelar. …