245 Calon Pelanggan Tak Penuhi Syarat Naik Kereta Api

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Pelaksanaan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di lingkungan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah memasuki hari ke-7.

Selama sepekan pelaksanaan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sejak 22 Desember 2022, seluruh pelanggan yang naik KA jarak jauh dipastikan memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Kesehatan Preventif, Pemkot Surabaya Resmikan 153 Pustu ILP

“KAI mengapresiasi seluruh pelanggan yang secara tertib memenuhi persyaratan dan melaksanakan protokol kesehatan saat menggunakan layanan transportasi kereta api,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, (29/12/2022).

Menurut Luqman, KAI tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta konsisten memastikan dan mengimbau pelanggan untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan memenuhi persyaratan perjalanan menggunakan KA yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"KAI hanya memberangkatkan pelanggan yang telah memenuhi persyaratan sesuai regulasi pemerintah. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan dan tidak dalam kondisi sehat tetap tidak boleh melakukan perjalanan dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya," ia menegaskan.

"Mulai 22-28 Desember 2022, total penumpang KA jarak jauh di Daop 8 Surabaya tercatat 247.654 pelanggan, dan sebanyak 245 tidak diijinkan naik karena di antaranya belum divaksin dan suhu tubuh saat diperiksa lebih dari 37,3° Celcius," Luqman melanjutkan.

Tidak lupa, Luqman Arif juga mengingatkan pada calon pelanggan agar memperhatikan kembali ketentuan perjalanan menggunakan KA sesuai dengan aturan pemerintah sebelum membeli tiket agar terhindar dari resiko gagal berangkat karena persyaratan tidak lengkap.

"Guna membantu pelanggan melengkapi syarat perjalanan, Daop 8 Surabaya juga menyediakan layanan vaksin di 3 stasiun, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang," ia menguraikan.

Baca Juga: DPRD Surabaya Beri Solusi PD Pasar Surya Terkait Pedagang di Trotoar

Selama masa angkutan Nataru 2022/2023, Daop 8 Surabaya telah melayani sebanyak 446 pelanggan yang mendapatkan vaksinasi secara gratis.

Untuk disiplin protokol kesehatan, seluruh pelanggan KA jarak jauh juga melalui pemeriksaan suhu tubuh di stasiun dan suhu tubuh normal yakni tidak lebih dari 37,3° Celcius. Selain itu, seluruh penumpang juga akan diberikan healthy kit berupa masker pengganti sesuai standar dan pembersih tangan.

Tercatat jumlah tiket KA jarak jauh yang telah terjual pada masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Daop 8 Surabaya sampai Rabu, 28 Desember 2022 tercatat telah terjual sebanyak 404.887 tempat duduk (TD).

Luqman Arif mengatakan KAI Daop 8 Surabaya menyediakan tiket KA sebanyak 455.570 tempat duduk pada 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. Berdasarkan data, penjualan tertinggi untuk tanggal favorit masyarakat menggunakan kereta api yaitu pada 23 Desember 2022, sebanyak 40.307 tiket telah terjual untuk keberangkatan pada tanggal tersebut.

Baca Juga: Pemkot Gelontorkan Dana Lebih dari Rp500 M Per Tahun untuk Warga KTP Surabaya Untuk Berobat Gratisat

"Sedangkan pada hari ini (29/12), kepadatan juga masih terasa di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Tercatat sebanyak 26.390 tiket telah terjual dengan keberangkatan dari wilayah Daop 8 Surabaya ke berbagai kota tujuan. Kota tujuan terbanyak menuju ke arah Jakarta, Yogyakarta, Bandung serta juga ke Jember dan Banyuwangi," ia memaparkan.

Sementara itu, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya juga menyediakan area booth dan game zone bagi penumpang kereta api jarak menengah dan jauh yang sedang menunggu keberangkatan kereta di Stasiun Surabaya Gubeng.

“Para penumpang dapat memanfaatkan operasional game zone di Stasiun Surabaya Gubeng secara gratis yang telah dimulai pada tanggal 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023, dengan waktu bermain maksimal 30 menit per penumpang," Luqman menerangkan.

Diharapkan dengan adanya area bermain baru dengan konsep yang berbeda ini dapat mengurangi kebosanan saat menunggu ketersediaan kereta, serta memberikan pengalaman baru penumpang kereta api keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng. (res)

Editor : redaksi