Tim Dosen UHW Perbanas Ciprakan Aplikasi Siricing

avatar swaranews.com

Swaranews.com -  Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas memberikan inovasi kemudahan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kali ini, Aplikasi Sistem Informasi Kartering (Siricing) hadir menjadi solusi pelaku usaha jasa boga dalam mengelola keuangan dan terintegrasi platform media sosial.

Aplikasi berbasis website ini dirancang oleh Tim Dosen Universitas Hayam Wuruk Perbanas, yaitu Hariadi Yutanto, S.Kom., M.Kom., Romi Ilham, S.Kom., M.M., dan Ellen Theresia Sihotang, S.E. M.BA. Ak.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Hariadi Yutanto mengatakan aplikasi yang dibuatnya berangkat dari permasalahan mayoritas UKM katering. Masalah itu biasanya dalam proses pencatatan keuangan, pelaporan pesanan, hingga pelaporan kinerja usaha.

"Aplikasi Siricing ini, fiturnya sudah memuat semua kebutuhan pengelolaan keuangan di usaha katering. Karena kadang-kadang mereka kesulitan dalam pencatatan yang masih manual," kata pria yang akrab disapa Anto itu.

Berdasar itulah, pihaknya pun menggandeng UKM Katering Bunda Tasty yang berada di Penjaringan Sari PS I/F-22 Rungkut, Surabaya. Di sini, tim Dosen UHW Perbanas memberikan pendampingan bagi pelaku usaha melalui Pelatihan Ekonomi Digital, pada Sabtu 5 Agustus 2023.

"Jadi, muaranya memang ke pelaporan keuangan sehingga saat UKM mau mengajukan kredit ke bank, pelaporan itu bisa digunakan secara sistem,” terang Anto saat ditemui usai menggelar Pelatihan Digital Ekonomi, Sabtu (5/8/2023).

Lebih lanjut, menurut Anto, produk jasa boga juga perlu dipasarkan secara masif. Dengan hadirnya Aplikasi Siricing yang telah terintegrasi dengan platform media sosial Tiktok, maka pelaku usaha pun bisa mengelola aktivitas digital marketing melalui aplikasi tersebut.

”Kami tahu pemasarannya masih konvensional, maka saat ini kita bantu integrasikan dengan platform Tiktok. Jadi, semua bisa mengambil informasi dari Tiktok sampai dengan strategi bisnis digitalnya. Mulai dari membuat content calender, mereview berapa follower, like, komentar, semua itu muncul di Aplikasi Siricing,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Pelatihan Digital Ekonomi ini merupakan realisasi Program Hibah Pemberdayaan Berbasis Masyarakat (PBM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tahun 2023.

Selain mendapatkan pelatihan, Katering Bunda Tasty juga mendapatkan bantuan berupa seperangkat komputer lengkap, handphone, microphone, hingga earphone. Tujuannya, untuk memperlancar pengelolaan keuangan dan membuat konten media sosial.

"Semoga dengan kemudahan yang kita berikan, pelaku UKM bisa meningkatkan produktifitasnya dan mudah mempromosikan produk," harapnya.

Sementara itu, Pawitra Citra Rukmana selaku pengelola Bunda Tasty Catering merasa terbantu saat diberi Aplikasi Siricing. Pasalnya, selama ini pencatatan hanya dilakukan olehnya secara manual, dan setelah diskusi dengan tim UHW Perbanas kemudian barulah diberi solusi menggunakan aplikasi tersebut.

“Ini baru pertama kali ini kami mengelola usaha catering dengan aplikasi. Sebelumnya, kami kelolanya secara seporadis dan otodidak. Aplikasi Siricing ini membantu kami mulai dari awal pencatatan, pelaporan hingga memberikan informasi kepada customer pun disampaikan dengan detail,” kata pria yang akrab disapa Rama ini.

Pihaknya pun berharap usaha yang dikerjakannya bisa berkesinambungan dengan program pengabdian yang dijalankan oleh Universitas Hayam Wuruk Perbanas.

“Ke depan, harapannya secara umum tidak hanya kami yang terbantu tetapi juga teman-teman UKM lain juga bisa didukung dengan sistem yang bisa memajukan usaha dengan sentuhan ekonomi digital,” pungkasnya. (res)

Editor : redaksi