Astra Financial Harapkan Momen GIIAS 2023 Terus Dorong Kinerja Positif

avatar swaranews.com
Astra Financial hadir pada perhelatan GIIAS Jakarta 2023 dorong pertumbuhan positif pada industri otomotif dengan memberikan layanan pembiayaan. Dari kiri ke kanan : CMO FIFGROUP, Daniel Hartono, CMO ACC, Tan Chian Hok dan CMO TAF, Budi Setiawan.
Astra Financial hadir pada perhelatan GIIAS Jakarta 2023 dorong pertumbuhan positif pada industri otomotif dengan memberikan layanan pembiayaan. Dari kiri ke kanan : CMO FIFGROUP, Daniel Hartono, CMO ACC, Tan Chian Hok dan CMO TAF, Budi Setiawan.

Swaranews.com - Astra Financial membawa semangat optimisme sebagai mitra keuangan bagi masyarakat Indonesia di GIIAS 2023 dan momen pameran ini diharapkan dapat terus mendorong kinerja unit bisnis Astra Financial yang pada akhirnya memberikan kontribusi mendorong pertumbuhan industri otomotif dengan menghadirkan berbagai layanan pembiayaan kendaraan.

Masih dalam rangkaian kegiatan GIIAS Jakarta 2023, Astra Financial mengadakan acara yang bertajuk Astra Financial Talkshow dengan mengundang tiga Chief Marketing Officer (CMO) dari unit bisnis pembiayaan pada Sabtu (12/08/2023) . Obrolan bersama media tersebut, dihadiri oleh Daniel Hartono selaku CMO FIFGROUP, Tan Chian Hok selaku CMO ACC dan Budi Setiawan selaku CMO TAF membahas tentang perkembangan bisnis pembiayaan Astra Financial serta perannya dalam mendukung industri otomotif.

Baca Juga: Hiburan dan Pasar Rakyat Semarakkan Opening Festival Peneleh 2024

Melalui keterlibatannya dalam GIIAS 2023, Astra Financial optimis tingkatkan capaian yang lebih baik pada kuartal ketiga tahun 2023. Astra Financial bersama unit bisnisnya telah mencatat pencapaian yang cukup baik di semester I 2023. Laba bersih divisi jasa keuangan Grup meningkat 32% menjadi Rp3,8 triliun selama semester pertama pada tahun 2023 dibandingkan dengan semester pertama tahun 2022. Nilai pembiayaan baru pada bisnis pembiayaan konsumen juga mengalami peningkatan sebesar 27% menjadi Rp59,8 triliun. Kontribusi laba bersih dari perusahaan grup yang fokus pada pembiayaan mobil meningkat 36% menjadi Rp1,1 triliun.

PT Toyota Astra Financial Services (TAF), merupakan gabungan dari PT Astra International dan Toyota Financial Services, mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif di semester-1 2023 dengan membukukan laba bersih Perusahaan sebesar 40% menjadi Rp 338 miliar dibandingan periode yang sama tahun 2022. Lebih rincinya TAF berhasil membukukan pertumbuhan penyaluran Pembiayaan (Amount Finance) sebesar 37% pada semester-1 2023 menjadi Rp 12,9 triliun dibanding semester-1 2022. Pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (Unit Finance) pada semester-1 2023 yang mencapai 63 ribu unit atau naik 36% dibanding periode yang sama tahun 2022.

PT Astra Sedaya Finance (ASF) salah satu perusahaan pembiayaan di grup Astra Credit Companies (ACC) selama semester 1 tahun 2023 berhasil membukukan pembiayaan sebesar Rp 18,3 Triliun, meningkat 18% dibanding semester 1 tahun 2022. ASF juga mengalami peningkatan 13% atas unit yang dibiayai yaitu sebanyak 103.000 unit kendaraan. Laba bersih ASF juga mengalami kenaikan 35% di semester 1 tahun 2023 ini yaitu sebesar Rp 917 Miliar. Total Aset ASF juga mengalami peningkatan 15% pada semester 1 tahun 2023 ini. Peningkatan kinerja di semester 1 ini dan juga didukung dengan produk dan layanan pembiayaan dengan solusi total membuat ASF optimis dapat meraih target tahun 2023.

PT Federal International Finance (FIF), anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, membukukan pertumbuhan kinerja positif pada kuartal-I 2023 dengan kenaikan laba bersih perusahaan sebesar 25,8% menjadi Rp944,4 miliar dibanding periode yang sama tahun 2022 senilai Rp750,8 miliar. Secara rinci, PT FIF berhasil membukukan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan (Amount Finance) sebesar 30,8% pada kuartal-I 2023 menjadi Rp10,6 triliun dibanding kuartal-I 2022 yang mencapai Rp8,1 triliun. Pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (booking unit) pada kuartal-I 2023 yang mencapai 799 ribu unit atau naik 20% dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai 666 ribu unit, didukung oleh lima lini bisnis FIFGROUP, yaitu pembiayaan sepeda motor baru (FIFASTRA), pembiayaan multiguna (DANASTRA), pembiayaan multiproduk (SPEKTRA), pembiayaan usaha mikro (FINATRA), dan pembiayaan syariah (AMITRA).

Strategi Pengembangan Bisnis Astra Financial

Dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, FIFGROUP menghadirkan layanan baru yaitu FINATRA yang berfokus terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pengembangan bisnis juga dilakukan oleh ACC melalui layanan ACC Yes!, ACC ONE, ACC Digital Seamless Experience, dan ACC ONE On The Web. Dengan inovasi yang berkelanjutan dan keberagaman produk, TAF menghadirkan mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services, yang telah terintegrasi dengan sentralisasi layanan pembiayaan TAF.

Dukungan Layanan Digital yang Aman dan Mudah

Astra Financial senantiasa mengembangkan layanan digitalnya untuk dapat menjangkau kebutuhan konsumen kapanpun dan dimanapun. FIFGROUP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya salah satunya dengan meluncurkan virtual customer service (Fiona) pada tahun 2019, yang siap melayani konsumen selama 24 jam setiap hari pada aplikasi mobile. Sama halnya dengan ACC yang selalu mengedepankan customer satisfaction, pelayanan mulai dari pengajuan pembiayaan sampai kebutuhan informasi dapat dilakukan hanya melalui ACCONE app yang diluncurkan pada 2019 atau ACC ONE on the web yang telah diluncurkan sejak 2021. Mengedepankan teknologi dalam pelayanan pembiayaan, TAF meluncurkan produk bernama FLEXI pada tahun 2021, yang memiliki kecanggihan dan kebebasan, sehingga setiap konsumen dapat mengatur cicilan setiap bulannya sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing.

Promo Menarik Khusus bagi Pengunjung GIIAS

Dalam rangka memperingati 66 tahun Astra hadir di tengah masyarakat Indonesia, pada GIIAS 2023 ini Astra Financial memberikan penawaran promo kredit mobil dengan bunga 0,66% untuk tenor 1 tahun. Pengunjung booth Astra Financial akan dibantu untuk dapat melakukan pengajuan pembiayaan dari ACC dan TAF secara online.

Tidak hanya kendaraan roda empat, Astra Financial melalui FIFGROUP juga menghadirkan penawaran menarik untuk pembelian kendaraan roda dua seperti uang muka mulai dari Rp 1,6 jutaan untuk Honda Scoopy, hemat angsuran hingga Rp 2 jutaan untuk Honda Scoppy, Honda Vario 160, Honda PCX 160, dan Honda ADV 160 dengan tenor 2 hingga 3 tahun, hemat angsuran hingga Rp 6 jutaan untuk Honda CB150X dan Honda CBR250RR dengan tenor 2 hingga 3 tahun, pilihan tenor hingga 6 tahun untuk Honda CB150X dan Honda CBR250RR, hingga Cashback Astrapay senilai Rp 660 ribu melalui aplikasi Moxa untuk pembelian seri Honda CBX 150.

Aspirasi Keberlanjutan

Astra Financial berpedoman pada sustainability framework baru Astra yang mengintegrasikan sustainability secara lengkap ke dalam Strategi Triple-P Roadmap dengan komitmen sustainability yang akan memandu perjalanan transisi kita untuk menjadi perusahaan yang lebih sustainable, yaitu:

Portfolio: Astra Financial menuju perusahaan yang lebih sustainable dan resilient guna memberikan dampak positif kepada bumi dan iklimnya, bisnis kami, serta masyarakat. Kami berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, bauran energi terbarukan untuk mendukung kegiatan operasional, mengurangi intensitas pengambilan air dan daur ulang serta recovery limbah padat.

People: Astra Financial berkomitmen mewujudkan lingkungan kerja yang beragam dan inklusif, menarik serta mempertahankan talenta-talenta terbaik Indonesia agar Insan Astra dapat berkembang, berhasil dan sejahtera bersama bangsa. Dengan komitmen zero fatality tenaga kerja dengan meningkatkan budaya keselamatan.

Public Contribution: Astra Financial memberdayakan dan mendukung masyarakat demi masa depan yang lebih baik, dengan memperkuat kontribusi sosial di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan untuk meningkatkan dampak positif terhadap pembangunan dan pertumbuhan Indonesia. (mar)

 

 

 

 

Baca Juga: Kadin Kota Surabaya Jajaki Kerja Sama dengan DPD Partai Golkar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga: Bukan Sekadar Wisata, Wali Kota Eri Cahyadi Ingin Kota Lama Surabaya Sebagai Pengingat Sej

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : redaksi