Betonisasi Capai 66,639 Persen, Pemkot Lanjutkan Pengerjaan Jalan

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Betonisasi Jalan Dupak Rukun di Exit Tol Surabaya-Gresik yang dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya hampir rampung. Dari 12 Juli - 31 Agustus 2023, pengerjaan betonisasi sudah terealisasi 66,369 persen, melebihi target rencana 50,326 persen dari yang ditentukan oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya sebelumnya.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan DSDABM Kota Surabaya Adi Gunita mengatakan, saat ini proses pengerjaan betonisasi sudah sampai tahap pengecoran Segmen-2 di Jalan Dupak sisi utara. “Sisi utara itu tinggal pengecoran di Segmen-2 dekatnya median jalan, itu tinggal beberapa meter ya, mungkin sebelum 11 September bisa selesai,” kata Adi, Rabu (6/9/2023).

Baca Juga: Walikota Surabaya Terbitkan SE Larangan Judi Online, Bakal Tindak Tegas Pegawai yang Terlibat

Tak hanya itu, Adi menjelaskan, di sisi pertigaan jalan dari Exit Tol menuju ke Jalan Dupak juga ada proses pengecoran jalan. Pengerjaan tersebut ada di jalur dari arah Tol Gresik-Surabaya menuju ke Jalan Dupak. 

“Yang mau masuk ke rigid Jalan Dupak ke arah Jalan Tanjungsari ke arah utara itu kan ada pertigaan ya, itu nggak bisa ditutup pengecoran secara keseluruhan. Jadi, ada 2 Segmen buka tutup modelnya, kita selesaikan sisi timur dahulu, setelah selesai, baru kita buka kemudian dilanjutkan sisi baratnya,” jelasnya. 

Selanjutnya, DSDABM Kota Surabaya akan mulai mengerjakan betonisasi di Jalan Dupak sisi selatan pada Selasa, (5/9/2023) malam. Adi menjelaskan, Jalan Dupak sisi selatan ditargetkan bisa selesai paling lambat Senin, (18/9/2023) mendatang. "Paling lambat 18 September 2023 dan bisa open traffic (pembukaan jalan)," jelasnya. 

Baca Juga: Ganggu Akses Jalan, Satpol PP Surabaya Tertibkan PKL di Pasar Loak Dupak Rukun

Adi menerangkan, sebelum pelaksanaan pengerjaan Jalan Dupak sisi selatan, sudah dilakukan sosialisasi bersama antara DSDABM Kota Surabaya dengan Kecamatan Asemrowo. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberitahu warga RT 05/RW 02 dan RT 09/RW 02, Kelurahan Asemrowo, bahwa ada pengerjaan betonisasi jalan hingga beberapa hari ke depan. 

Selain itu, Pemkot Surabaya juga sudah melakukan pemasangan rambu informasi terkait pengerjaan betonisasi di Jalan Dupak sisi selatan. Tujuannya, agar pengguna jalan dan warga terdampak mengetahui terkait pengerjaan betonisasi di kawasan Jalan Dupak. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Raih Penghargaan Pengelolaan PIP Transformatif dari Kemendikbud Ristek

“Kami pasang rambu informasi ya di beberapa titik, seperti di Jalan Pasar Besar, Jalan Demak, hingga Jalan Tembaan. Secara traffic, Jalan Dupak sisi selatan tidak terlalu padat seperti di sisi utara, namun pengguna jalan perlu tahu terlebih dahulu,” pungkasnya. (mar)

 

Editor : redaksi