Labkesda Surabaya Buka Layanan Laboratorium Klinik

avatar swaranews.com

Swaranews.com - UPTD Laboratorium Daerah (Labkesda) Kota Surabaya tak hanya menyediakan pelayanan pemeriksaan spesimen di Laboratorium Klinik, tetapi juga menyediakan pelayanan Laboratorium Kesehatan Lingkungan. Tarif di UPTD Labkesda Surabaya pun sangat terjangkau dengan hasil pemeriksaan dapat diperoleh di hari yang sama. 

Berlokasi di Jalan Gayungsari Barat No. 124-A Kota Surabaya, UPTD Labkesda Surabaya membuka pelayanan setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 07.00-21.00 WIB. Serta dapat dikunjungi oleh masyarakat dengan membawa identitas diri, maupun membawa surat permintaan pemeriksaan. 

Baca Juga: Ganggu Akses Jalan, Satpol PP Surabaya Tertibkan PKL di Pasar Loak Dupak Rukun

Tak hanya itu saja, apabila pasien memiliki keterbatasan, UPTD Labkesda Surabaya juga menyediakan layanan Home Care, yakni, memberikan layanan kesehatan dengan mendatangkan tenaga medis ke rumah pasien. Pembayaran pemeriksaan pun dapat dilakukan secara non tunai atau cashless.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan bahwa biaya pemeriksaan di UPTD Labkesda Surabaya berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Surabaya. UPTD Labkesda Surabaya dapat melakukan pemeriksaan spesimen dari manusia berupa darah, urine, sputum, dan cairan tubuh lainnya baik melalui swab atau metode lainnya. 

“Selain itu, Labkesda mampu melakukan pemeriksaan sampel untuk mendukung kesehatan lingkungan berupa, sampel air, makanan, minuman, udara ruang, dan limbah,” kata Nanik, Selasa (26/9/2023).

Nanik lantas menjelaskan, Laboratorium Klinik UPTD Labkesda Surabaya menyediakan layanan pemeriksaan di bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi klinik, parasitologi klinik, imunologi klinik, patologi klinik, dan bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit dan penyembuhan penyakit.

Jenis pelayanan yang tersedia Laboratorium Klinik, di antaranya Hematologi, Kimia Klinik, Mikrobiologi Klinik, Parasitologi Klinik, Imunologi Klinik, Patologi Klinik, Bakteriologi, Parasitologi, Narkoba dan Toksikologi, Urinalisa, Pemeriksaan Biomolekuler (PCR), Crosschecker sediaan TBC, hingga ECG (rekam jantung).

“Kami juga memiliki fasilitas penunjang berupa laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2), serta alat Kesehatan yang sesuai, seperti Photometer Automatic, Centrifuge, Hematology Analyzer, Urine Analyzer, PCR, dan TCM. Dengan demikian kami berharap masyarakat bisa memperhatikan kesehatannya masing-masing, salah satunya adalah rutin melakukan Medical Check Up karena Labkesda siap memberikan pelayanan prima dengan harga yang terjangkau,” jelasnya.

Sedangkan Laboratorium Kesehatan Lingkungan menyediakan pemeriksaan di bidang mikrobiologi, fisika, kimia, dan bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan. Terutama dalam upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat. Jenis pengujian Laboratorium Kesehatan Masyarakat adalah Kimia Air, Kimia Makanan dan Minuman, Kimia Limbah, Mikrobiologi Air Dan Limbah, Mikrobiologi Makanan dan Minuman, Usap Alat, dan Udara Ruang.

“Selama ini Labkesda Surabaya melakukan kontrol kualitas air se-Surabaya, kontrol kualitas limbah di Kimia Limbah. Kita juga melakukan pemeriksaan Mikrobiologi Pangan dan Medis untuk rectal swab,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala UPTD Labkesda Surabaya, Umi Widayati menyampaikan bahwa UPTD Labkesda Surabaya juga menyediakan beragam paket layanan laboratorium klinik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Seperti paket Medical Check Up, Calon Pengantin (Catin), Ibu Hamil (Bumil), dan Medical Check Up Internship untuk kepentingan persyaratan internship pendidikan dokter. Serta, paket Kimia Lengkap, selain per parameter juga menyediakan paket Pemeriksaan Kualitas Air. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Raih Penghargaan Pengelolaan PIP Transformatif dari Kemendikbud Ristek

“Sarana dan prasarana yang ada di Labkesda ini sudah sesuai standar Kemenkes, bahkan ada beberapa pemeriksaan yang sudah melampaui standar itu. Karenanya, masyarakat tidak perlu khawatir, silahkan datang ke Labkesda karena kami siap melayani dari sisi pemeriksaan medis maupun lingkungan dengan standar yang sudah terjamin dan tidak kalah dengan laboratorium swasta,” pungkasnya. (mar)

 

 

 

 

 

Baca Juga: Pasar Tani hingga Mangrove Eco Run Siap Meriahkan Peringatan HUT Pertama KRM Surabaya

 

 

 

 

 

Editor : redaksi