TETO Surabaya Gelar Hari Nasional Republik of China Taiwan Ke-112

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Isaac C. Chiu, Director General Taipei Economic and Trade Office in Surabaya menyelenggarakan Hari Nasional Republic of China (Taiwan) ke-112 di Hotel JW Marriott Surabaya pada tanggal 6 Oktober 2023 (Jumat), yang dihadiri sekitar 400 orang dari berbagai kalangan di Jawa Timur, Bali, Sulawesi, dan masyarakat overseas compatriots.

Acara akbar ini diadakan untuk mengucapkan selamat kepada Republic of China (Taiwan) atas perdamaian dan kemakmuran, ketahanan dan keberlanjutannya. Acara tersebut diisi nyanyian lagu-lagu Taiwan dan pertunjukan tari tradisional Indonesia, afmosfer acaranya sangat hangat.

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Dispendukcapil Buat Juknis dan Bimtek Untuk Pemutakhiran Data Penduduk

Director General Isaac C. Chiu menyampaikan pidato yang menguraikan upaya dan pencapaian Taiwan selama setahun terakhir dan mengatakan bahwa Taiwan terletak di posisi penting di kawasan Indo-Pasifik dan rangkaian pulau pertama di Pasifik Barat. Taiwan merupakan garis depan demokrasi untuk melawan otoritarianisme, dan juga merupakan pemain penting dalam membangun rantai industri demokratis global. Daya saing Taiwan menempati peringkat ke-6 di dunia, dan kebebasan ekonominya menempati peringkat ke-4 di dunia. 92% chip kelas atas di dunia diproduksi di Taiwan. Perusahaan TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited ) juga telah meluncurkan penelitian dan pengembangan chip 2 nanometer tercanggih di dunia di Taiwan.
Teknologi pintar dan industri IC Taiwan, menempati posisi kunci di dunia. Menghadapi situasi baru pascapandemi, Taiwan berperan penting dan terus menyampaikan “rantai kebaikan” kepada dunia, secara aktif menerapkan “New Southbound Policy”, dan membangun kemitraan yang “berorientasi pada rakyat”.

Baca Juga: Bukan Sekadar Wisata, Wali Kota Eri Cahyadi Ingin Kota Lama Surabaya Sebagai Pengingat Sej

Director General Isaac C. Chiu menekankan bahwa Taiwan dan Indonesia telah memiliki hubungan bilateral yang sangat erat sejak lama. Volume perdagangan bilateral meningkat dari US$7 miliar pada tahun 2016 menjadi US$13,1 miliar pada tahun 2022, dan pertukaran sumber daya manusia semakin sering terjadi. Terdapat lebih dari 350.000 Warga Negara Indonesia yang tinggal di Taiwan, termasuk diantaranya 17.000 pelajar, dan 30.000 orang yang menikah dengan orang Taiwan dan menjadi penduduk baru Taiwan.
Menurut data dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, terdapat 120 pabrik/perusahaan Taiwan di Jawa Timur. Taiwan International Ports Corporation beserta 3 perusahaan pelayaran besar yakni Evergreen, Yang Ming dan Wan Hai ini juga menempatkan perwakilannya di Pelabuhan Surabaya.
Harapannya di masa mendatang, hubungan Taiwan dan Indonesia bagian Timur semakin erat. Ke depannya, Taiwan akan terus memperkuat kerja sama dan pembangunan bersama dengan kawasan Indonesia Timur, dan menjadi mitra yang sangat diperlukan bagi satu sama lain untuk mencapai kemajuan bersama.

Dr. H. Emil Elestianto Dardak, Pelaksana Tugas Gubernur Provinsi Jawa Timur,
Walikota Makassar Bp. Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, dan Kepala BP3MI Jawa Timur Ibu Titis Tri Wulandari, S.Psi., M.M, dalam sambutannya merespons pandangan Director General Isaac C. Chiu bahwa hubungan bilateral Taiwan dan Jawa Timur akan terus diperdalam di berbagai bidang. Hal ini sangat dirasakan oleh puluhan dosen Universitas Airlangga Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, yang hadir dalam acara ini, yang sebelumnya pernah belajar di Taiwan dan setelah meraih gelar profesor di bidang teknologi, kesehatan, dan ilmu sosial, mereka kembali ke kampung halamannya di Jawa Timur menjabat sebagai dosen universitas dan sebagai wakil rektor di beberapa universitas.
Komunitas “Alumni Taiwan” di Jawa Timur yang mempertemukan ratusan pelajar berbakat Indonesia, selain memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi canggih Taiwan, juga berfungsi sebagai jembatan pertukaran budaya antara Taiwan dan Indonesia, memberikan efek khusus diplomasi publik dan menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia sehingga membuat semakin banyak orang Indonesia melihat dan memahami Taiwan, juga membuat semakin banyak masyarakat Taiwan mencintai Indonesia.

Baca Juga: Konjen RI Cape Town Temui Pj. Gubernur Jatim

Director General Isaac C. Chiu dalam acara tersebut memotong kue ulang tahun berukuran satu meter persegi yang berhiaskan bendera Republic of China bersama dengan para tamu, sehingga para tamu dapat membawa pulang kue tersebut untuk berbagi kegembiraan Hari Nasional Taiwan dengan keluarga mereka, serta bersama-sama mendoakan Republic of China (Taiwan) dan Indonesia, sejahtera, maju, dan persahabatan kedua negara abadi selalu. (mar)

Editor : redaksi