Piala Dunia U-17 Momentum Dongkrak Pemberdayaan UMKM

Swaranews.com - Bazar akbar digelar warga kampung Kendangsari pada Minggu (29/10/2023) pagi, di sepanjang jalan kampung gang lebar. Berbagai produk UMKM dijual dalam bazar tersebut.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno, yang menghadiri bazar, mengunjungi stand UMKM penjual merchandise Piala Dunia U-17. Disusul dengan membeli beberapa merchandise.

Baca Juga: DPRD Surabaya Support Pemkot Bangun Tanggul di Surabaya Barat

"Kami menjual t-shirt, pouch, topi, payung dan kipas. Merchandise ini kami produksi sendiri, setelah ditunjuk sebagai mitra oleh pemerintah kota khususnya Dinas Koperasi dan UMKM mulai awal bulan ini," ujar ibu Mustika, pelaku UMKM Kendangsari.

Mustika menjelaskan, design logo untuk merchandise sudah ditentukan oleh pemkot. Namun pihaknya tetap diperbolehkan untuk berkreasi. 

"Selama ini merchandise produksi kami, dipasarkan lewat e-peken dan platform belanja digital lainnya. Sedangkan untuk offline kita punya tenant di Kendangsari," imbuhnya.

Lebih lanjut Mustika mengatakan, untuk menarik pembeli, dirinya berpromosi di media sosial. Seperti Instagram, Facebook atau platform media sosial lainnya.

Baca Juga: DPRD Surabaya Dukung Pemkot Gelar Razia Mihol Ilegal secara Kontinyu

"Kami berharap saat pembukaan Piala Dunia U-17 di GBT tanggal 10 November nanti di berikan booth. Dengan begitu saya yakin sedikitnya 500 kaos bisa terjual," pungkasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi B Anas Karno, mendorong produksi merchandise untuk menyemarakkan gelaran Piala Dunia U-17. Yang salah satu venuenya di Surabaya.

"Ini merupakan kesempatan bagi UMKM Surabaya, untuk meningkatkan pendapatan. Karena ini moment langka, yang belum tentu bisa terulang lagi," terangnya.

Baca Juga: Bamusi dan LDII Surabaya Silaturrahmi Jaga Kota Pahlawan Kondusif

Lebih lanjut Anas mengingatkan, supaya pelaku UMKM yang memproduksi merchandise memperhatikan kwalitas dan tentunya diiringi dengan harga yang bersaing.

"Kalau ini benar-benar dilakukan tentunya akan menarik minat pembeli. Biasanya dalam event langka, masyarakat yang membeli merchandise digunakan untuk koleksi," terangnya.

Legislator Fraksi PDI Perjuangan Surabaya tersebut berharap momentum gelaran Piala Dunia U-17 dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendongkrak perekonomian kota Surabaya. Khusunya di sektor UMKM.

Editor : amar