Surabaya 8 Kali Juara Umum Porprov Jatim, Wali Kota Eri Beri Reward 577 Atlet dan 190 Pelatih

Swaranews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan penghargaan dan reward kepada pelatih dan atlet peraih medali Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023. Penyerahan reward dilaksanakan dalam acara welcome dinner di halaman Balai Kota Surabaya, Senin (6/11/2023) malam.

Reward diserahkan langsung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi secara simbolis kepada sejumlah perwakilan atlet berprestasi. Sebanyak 190 pelatih dan 577 atlet peraih medali Porprov VIII Jatim 2023 menerima reward tersebut.

Baca Juga: Ketua Kadin Surabaya Usulkan 10 Terobosan untuk THR dan TRS

"Matur nuwun (terima kasih) untuk seluruh atlet Porprov Jatim yang kembali membawa pulang juara umum dan membawa nama Surabaya menjadi yang terbaik di Jawa Timur," kata Wali Kota Eri Cahyadi mengawali sambutannya.

Wali Kota Eri meyakini, dengan kemampuan yang dimiliki para atlet, nantinya mereka bisa mewakili Provinsi Jawa Timur ke ajang Nasional. Pun demikian para atlet berprestasi tersebut ke depan juga diharapkan bisa mewakili Indonesia pada ajang internasional.

"Karena atlet ini kemarin ditargetkan 150 emas, dapatnya 163 emas, ini luar biasa. Kalau ingin menjadi sesuatu yang berhasil, itu pasti kita harus melebihi target yang ada di depan mata kita," katanya.

Karenanya, Wali Kota Eri menargetkan pada Porprov Jatim 2025, kontingen Surabaya tidak sekadar menjadi juara umum. Namun target yang harus dicapai ke depan adalah bagaimana meraih medali emas sebanyak-banyaknya.

"Insyaallah tahun 2025 kita tidak lagi merebut juara umum, tapi yang kita rebut adalah semakin banyak medali yang kita ambil. Itu pertarungan Surabaya, jadi bukan lagi pertarungan juara umum. Kalau juara umum saya yakin pasti Surabaya juara umum," tegasnya.

Untuk mencapai target tersebut, Wali Kota Eri meminta Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) menyiapkan Pusat Latihan Cabang (Puslatcab) untuk seluruh Cabang Olahraga (Cabor) pada tahun 2024. Puslatcab ini diharapkannya dapat mendukung para atlet dalam berlatih.

"Tahun 2024, maka semua cabang olahraga harus ada tempat Puslatcabnya. Tahun 2024 semuanya sudah harus ada, entah itu disewakan dulu, yang penting ada tempat latihan," pintanya.

Wali Kota Eri menyebut, apabila saat ini atlet Surabaya meraih 163 medali emas pada Porprov Jatim 2023, maka di ajang berikutnya, ia yakin mereka bisa memperoleh lebih dari 200 emas. Makanya, ia kembali menegaskan di tahun 2024, seluruh cabor harus tersedia fasilitas Puslatcab.

Baca Juga: Peduli dan Ramah Lingkungan PKS Kota Surabaya Sebar Paket Hewan Kurban Idul Adha 1445H Pakai Kemasan

"Tapi saya bangga dengan Ketua KONI dan seluruh jajaran KONI Surabaya, kalau tidak ada pembinaan dan pemberian semangat yang luar biasa, maka tidak mungkin emas itu bisa tercapai dari (target) 150 menjadi 163," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua KONI Kota Surabaya, Hoslih Abdullah bersyukur Surabaya bisa kembali menjadi juara umum Porprov Jatim untuk kedelapan kalinya. Bahkan, Surabaya juga berhasil melebihi target dengan memperoleh 163 medali emas.

"Tahun 2023 ini kita ditarget Pak Wali Kota 150 emas dan alhamdulillah berkat perjuangan para atlet, pelatih cabang olahraga dan seluruh unsur yang ada di Surabaya, sehingga pada Porprov ke VIII kita meraih 163 medali emas," kata Hoslih.

Oleh karena itu, Hoslih menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi atas dukungan yang selama ini diberikan kepada atlet dan KONI Surabaya. Ia meyakini dalam Porprov Jatim tahun 2025, Surabaya bisa kembali meraih juara umum.

"Saya yakin di tahun 2025, insyaallah Surabaya akan tetap menjadi juara umum dan lebih banyak lagi atlet-atlet yang memiliki mental juara di Kota Surabaya," ujarnya.

Baca Juga: DPC Demokrat Kota Surabaya Berbagi Daging Kurban

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Kota Surabaya Wiwiek Widayati menambahkan, bahwa reward diberikan kepada 190 pelatih dan 577 atlet peraih medali Porprov Jatim 2023. Reward berupa uang tunai tersebut diberikan kepada para atlet perorangan maupun beregu.

"Untuk perorangan juara 1 (emas), mendapat reward Rp41 juta. Lalu perorangan juara 2 (perak), mendapat reward Rp20,5 juta. Sementara perorangan juara 3 (perunggu), memperoleh reward Rp10,250 juta," kata Wiwiek Widayati.

Selain perorangan, Wiwiek menyebut, reward juga diberikan Pemkot Surabaya kepada atlet beregu peraih medali Porprov Jatim 2023. Untuk juara 1 emas, mendapat reward Rp32,8 juta. Kemudian beregu juara 2 perak, menerima reward Rp16,4 juta. "Sementara untuk atlet beregu juara 3 atau perunggu, menerima reward Rp8,2 juta," ujarnya.

Sebagai diketahui, Kota Surabaya berhasil meraih juara umum dalam ajang Porprov VIII Jawa Timur 2023 yang digelar pada 9-16 September 2023. Dari ajang tersebut, atlet Surabaya berhasil memperoleh total 163 medali emas, 125 perak dan 110 perunggu. 

Editor : amar