KKN Tematik UMSIDA Manfaatkan Lahan Kosong Wisata Coban Goa Jalmo Pasuruan

Swaranews.com - Desa Cendono merupakan desa yang terletak di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan yang sangat terkenal dengan keindahan desa dan alam sekitarnya yang sejuk dan menawan. Desa ini terletak di lereng Gunung Arjuno yang memiliki berbagai potensi wisata yang tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang berkunjung. Salah satu wisata yang ada di Desa Cendono adalah Wisata Coban Goa Jalmo.

Wisata Coban Goa Jalmo merupakan wisata yang telah dibangun dan dikelola menjadi destinasi wisata oleh POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) yang bekerja sama dengan Karang Taruna, Warga Sekitar, Pemerintah Desa dan Organisasi lainnya yang ada di Desa Cendono.

Baca Juga: Tinjau Pelaksanaan MPLS, Wali Kota Eri Cahyadi Beri Seragam dan Tas Gratis untuk Siswa Tidak Mampu

Tidak hanya Goa, pada wisata Coban Goa Jalmo juga terdapat air terjun yang sangat cantik, kedai Jalmo, kolam renang, camping ground, area outbound, dan banyak spot foto yang keren, cantik dan instagramable yang sangat pas bila dikunjungi dengan keluarga, teman, sahabat, pacar, maupun mantan..

Meskipun sudah banyak wahana wisata dan spot foto pada Wisata Coban Goa Jalmo, realitanya masih tersedia banyak lahan kosong pada Wisata Coban Goa Jalmo yang belum dimanfaatkan untuk wahana wisata dan spot foto. Melalui Program Institutional Support System Merdeka Belajar Kampus Merdeka (ISS-MBKM), Tim KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Desa Cendono Tahun 2023 mengembangkan wisata Coban Goa Jalmo agar dapat menjadi destinasi wisata yang cantik lagi dan menarik wisatawan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terapkan Transisi PAUD ke SD Menyenangkan di Hari Pertama MPLS

Tim KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Desa Cendono Tahun Tahun 2023 memanfaatkan lahan yang masih kosong pada wisata Coban Goa Jalmo untuk disulap menjadi taman kreasi yang merupakan salah satu program kerja dari Tim KKN Tematik UMSIDA Desa Cendono.

Taman Kreasi dibangun dengan susunan berbagai macam bunga yang ditanam. Taman kreasi juga memanfaatkan botol minuman bekas yang dikreasikan menjadi pot bunga. Selain itu, juga terdapat kupu-kupu raksasa, tulisan kayu, dan masih banyak lagi yang bisa menjadi spot foto bagi para wisatawan Coban Goa Jalmo Desa Cendono.

Baca Juga: Berkunjung Ke SMP Muhammadiyah 11 , Achmad Hidayat : Pendidikan Tanggung Jawab Bersama

Dengan adanya taman kreasi diharapkan dapat menambah nilai keindahan pada lahan kosong yang berada pada Wisata Coban Goa Jalmo serta menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Wisata Coban Goa Jalmo Desa Cendono.

Editor : amar