Wirausaha Berdayakan Santri Perkuat Ekonomi Kerakyatan

Swaranews.com - Sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Aitam dan Dhuafa' Nurul Karomah, KH Nur Qomari mengucapkan terima kasih atas bantuan kambing yang diserahkan oleh Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am yang diterima langsung di kawasan Bulak, Kota Surabaya.

"Saya pertama mengucapkan terima kasih atas sumbangan kambing yang kami terima. Semoga dengan usaha baru yaitu tentang peternakan kambing ini juga bisa bermanfaat untuk lembaga pondok pesantren.

Baca Juga: DPRD Surabaya: Bikin Lomba yang Lebih Maju Tingkatkan Ekonomi Mandiri

K.H. Nur Qomari menjelaskan bahwa utamanya sebagai bagian dari pendidikan untuk berwirausaha. Bagaimana para santri itu memiliki skill, keahlian di bidang usaha. Dengan demikian tidak hanya menyelami ilmu Agama dan pendidikan umum. Namun dengan kemampuan wirausaha ini bisa mandiri secara ekonomi.

"Para santri ini adalah generasi bangsa. Jadi peelu kita siapkan juga bagaimana mereka memiliki skill di bidang usaha. Kedua, secara spesifik dengan usaha ternak kambing ini, sebagai harapan kami ini menjadi pervontohan untuk membangun ekonomi kerakyatan," paparnya.

Sementara itu, Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am, tokoh muda asal Kecamatan Bulak ini mengatakan bahwa berbicara ketahanan pangan bukanlah hanya retorika belaka. Dirinya yang benar-benar merangkak dari bawah hingga di posisinya saat ini berpendapat bahwa segala sesuatunya dimulai dari keberanian mengambil keputusan dan menghadapi tantangannya.

Baca Juga: Walikota Eri Cahyadi: Proyeksi Dari PKB Rp 1.2 Triliun

"Dengan bantuan kambing yang kita serahkan hari ini. Banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari bagaimana beternak dan menghasilkan secara financial maupun membantu sesama," ungkap Abdul Ghoni yang juga Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya ini.

Caleg PDI Perjuangan di Dapil 3 Surabaya dengan nomor urut 4 ini menyatakan selain berwirausaha para santri dengan bimbingan Kyai dan ahli yang kompeten bisa merasakan manfaat secara kesehatan.

"Banyak manfaat dari susu kambing etawa ini. Mulai dari mengatasi pengapuran, asam lambung dan rematik serta asam urat, bahkan menambah imunitas tubuh dan lain sebagainya. Dari sini kita bisa berbagi dari hal biasa menjadi yang luar biasa," tutup Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am.

Baca Juga: Abdul Ghoni MN: Kinerja Kadishub Surabaya Perlu Dievaluasi Terkait Temuan Walikota soal Parkir Liar

 

   

Editor : amar

Peristiwa   

KESERUAN AKHIR PEKAN DI GIIAS 2024

Swaranews.com – Pada akhir pekan hari ini, pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 memasuki hari ketiga digelar. …