FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai US$60 Juta

Pusat operasional bisnis FIF yang berlokasi di Menara FIF, Jalan TB Simatupang No.Kav 15, Lebak Bulus , Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan , DKI Jakarta, 12440.
Pusat operasional bisnis FIF yang berlokasi di Menara FIF, Jalan TB Simatupang No.Kav 15, Lebak Bulus , Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan , DKI Jakarta, 12440.

Swaranews.com • Hasil dari pinjaman tersebut akan dioptimalkan untuk praktik-praktik berkelanjutan pada operasional bisnis FIF dengan menyalurkan fasilitas pembiayaan yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

• Dalam rangka merayakan Hari Kartini, FIF menghadirkan promo khusus bagi kaum perempuan

Baca Juga: Buruh Desak Pemerintah Berani Lawan Broker Impor, PHK Massal Ancam RI

Jakarta : PT Federal International Finance (FIF) menjalin kerja sama strategis dengan Mizuho Bank, Ltd., MUFG Bank, Ltd., dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation Singapore Branch dalam bentuk penandatanganan perjanjian fasilitas pinjaman berkelanjutan senilai US$60 juta. Fasilitas pinjaman ini merupakan wujud komitmen FIF dalam mengintegrasikan praktik-praktik berkelanjutan ke dalam operasionalnya, khususnya di sektor pembiayaan, sejalan dengan komitmen global untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Merayakan HUT ke-35 PT Federal International Finance dan mendukung implementasi SDGs, kami berkomitmen mewujudkan praktik keberlanjutan, terutama di sektor pembiayaan," tutur Direktur Keuangan FIF, Valentina Chai, pada Selasa (30/4/2024).

Valentina menjelaskan bahwa fasilitas pinjaman yang telah diperoleh nantinya akan dikelola sebagai modal usaha dalam penyaluran pembiayaan yang dirancang untuk memberikan dampak berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan. Perempuan dan penyandang disabilitas termasuk di antara kelompok yang akan mendapatkan manfaat dari fasilitas ini. Sebagai upaya mendukung ekonomi hijau, pembiayaan ramah lingkungan juga ditawarkan melalui fasilitas ini, seperti fasilitas pinjaman untuk sepeda motor Honda listrik dan produk-produk ramah lingkungan lainnya

Penerbitan ESG Loan adalah salah satu inisiatif penting untuk mendukung FIF 2030 Sustainability Aspiration, khususnya dalam pengembangan portofolio bisnis yang berkelanjutan. Inisiatif ini menjadi wujud komitmen FIF dalam mendukung implementasi Sustainable Finance Roadmap yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Komitmen tersebut diwujudkan melalui pengembangan inovasi produk dan layanan keuangan berkelanjutan. Lebih lanjut, inisiatif ini juga merupakan langkah strategis dalam mengembangkan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) perusahaan yang selaras dengan Peraturan OJK (POJK) Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

Layanan Pembiayaan Berkelanjutan

Dalam mengimplementasikan praktik-praktik berkelanjutan pada operasional bisnis FIF, Perseoran akan menyalurkan fasilitas pembiayaan produk melalui 3 brand services, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA dan FINATRA. FIFASTRA menyediakan layanan pembiayaan sepeda motor Honda, SPEKTRA menawarkan kredit alat elektronik, gadget, hingga perabot rumah tangga, dan FINATRA menyediakan pembiayaan modal usaha bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Menyelaraskan dengan komitmen terhadap SDGs ke-5 terkait Kesetaraan Gender dan SDGs ke-10 terkait Mengurangi Ketimpangan, FIF akan menghadirkan program atau promo khusus bagi perempuan dan penyandang disabilitas yang ingin mewujudkan mimpinya memiliki sepeda motor Honda di FIFASTRA ataupun alat elektronik, gadget, hingga perabot rumah tangga di SPEKTRA," tutur Valentina.

Baca Juga: Kuliner Legendaris, Konser Musik Hingga Loker Hadir di FIFGROUP 35th LOCALICIOUS

Menyambut Hari Kartini tahun ini, FIFASTRA dengan bangga mempersembahkan promo spesial bagi para perempuan Indonesia. Promo spesial ini menawarkan pembiayaan sepeda motor Honda untuk berbagai tipe dengan fasilitas potongan angsuran pinjaman hingga Rp3,6 juta. Promo ini berlaku secara nasional di seluruh Indonesia dari tanggal 21 April hingga 31 Mei 2024.

Lebih dari sekadar promo, FIFASTRA juga berkomitmen untuk mendukung pencapaian SDGs ke-8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Melalui FINATRA, FIF akan mengoptimalkan fasilitas pinjamannya untuk pembiayaan modal usaha bagi UMKM dengan berbagai program yang menarik.

Inisiatif ini merupakan wujud nyata komitmen FIF melalui FIFASTRA dalam memberdayakan perempuan dan mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. “Perempuan memiliki potensi luar biasa untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa, dan dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah dan terjangkau, FIF melalui FIFASTRA ingin membantu mereka mewujudkan mimpi dan menjangkau kesuksesan,” kata Valentina.

Selain itu, pengembangan UMKM menjadi salah satu fokus dalam penerapan keberlanjutan, FIF melalui FINATRA menawarkan pembiayaan modal usaha dengan sejumlah program yang ditawarkan.

"Di sisi produk, kami juga menargetkan penyaluran pembiayaan untuk kendaraan listrik, sepeda listrik, dan panel surya sebagai pembangkit energi ramah lingkungan," Valentina menjelaskan, sambil menambahkan harapannya bahwa inisiatif ini dapat mendorong implementasi SDGs ke-7 dan ke-11, yaitu Energi Bersih dan Terjangkau serta Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan.

Baca Juga: 4 Alasan Krusial di Tengah Kekhawatiran 46% Perempuan Akan Otomasi Pekerjaan

FIF mencanangkan fasilitas pinjaman ini sebagai inisiatif awal untuk melanjutkan komitmen Perseroan dalam mendukung implementasi keberlanjutan. Program penandatanganan kerja sama fasilitas pinjaman ini selaras dengan misi FIF, yaitu 'Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat’.

 

 

 

Editor : amar