Babinsa Koramil Jajaran Kodim Surabaya Utara, Ikut Serta Amankan Jalannya Ruwatan dan Wayang Kulit

Swaranews.com - Bertempat di lapangan Tugu Pahlawan Surabaya Jl. Pahlawan Kelurahan Alon Alon Contong Kecamatan Bubutan Surabaya Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0830/Surabaya Utara melaksanakan pengamanan kegiatan Ruwatan dan Pagelaran Wayang Kulit, Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 pada 31 Mei 2024 mendatang, Sabtu (4/5/2024) malam.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bahwa ruwatan dan pagelaran wayang merupakan kegiatan pertama di Bulan Mei 2024 dalam menyemarakan HJKS ke-731. 

Baca Juga: Kepala Staf Korem (Kasrem) 084/Bhaskara Jaya, Pimpin Sertijab Kasiter dan Dandim 0826/Pamekasan

Dengan diadakannya ruwatan sukerta bumi/Kota Surabaya oleh Pemkot Surabaya melalui Dinas Kebudayaan Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudpprapar) Kota Surabaya, harapannya Kota Pahlawan dapat terhindar dari segala bencana, mendapatkan keselamatan, kondusif, serta warga semakin rukun dan bersatu.

Melalui pagelaran wayang, Wali Kota Eri menyampaikan bahwa warga dapat belajar tentang kebijaksanaan, keberanian, dan semangat gotong royong untuk memperkuat karakter masyarakat Surabaya.

Baca Juga: Prajurit dan PNS Korem 084/BJ Mengikuti Garjas Periodik Semester I TA. 2024

“Karena wayang ini adalah budaya bangsa. Saya sangat respect dengan pagelaran wayang ini karena yang bermain adalah dalang cilik, dan yang bermain alat musiknya adalah anak-anak cilik,” ungkapnya.

Pagelaran wayang kali ini membawakan lakon utama berjudul Sang Bima dengan menampilkan 1 dalang bocah dan 3 dalang muda, yakni Ki Rendra Adam, Ki Bayu Wiyan Wijaya, Ki Tee Boen Liong (Sabdo Sutejo), dan Ki Nyui Warsono.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0830/Surabaya Utara Laksanakan Latihan Beladiri Taktis

“Saya berikan apresiasi untuk acara hari ini, sehingga budaya itu bisa dilanjutkan oleh penerus-penerus bangsa. Terima kasih kepada para seniman wayang, ini menunjukkan bahwa Surabaya tidak akan kehilangan budaya wayang karena ada penerusnya,” ujarnya.

Danramil 0830/04 Bubutan Mayor Inf Suwadi Saat hadiri acara ruwatan mengatakan, kita bersama stakholder terkait akan mendukung khususnya dalam hal pengamanan seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, selain ruwatan dan pagelaran wayang kulit masih terdapat beragam rangkaian kegiatan dalam menyemarakan HJKS ke-731 harapannya kedepan seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan meriah untuk warga kota surabaya serta berjalan dengan aman, lancar dan tetap kondusif, pungkasnya.

Editor : amar