Jemaah Pengajian Gus Iqdam Mulai Padati Balai Kota Surabaya Sejak Jumat Siang

Jemaah pengajian Gus Iqdam. (Kominfo Kota Surabaya)
Jemaah pengajian Gus Iqdam. (Kominfo Kota Surabaya)

Swaranews.com - Jemaah dari berbagai daerah mulai berbondong-bondong tiba di kawasan Balai Kota Surabaya sejak Jumat (10/5/2024) siang. Mereka datang untuk mengikuti langsung pengajian akbar yang menghadirkan KH Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam dari Blitar.

Pengajian akbar tersebut dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731. Acara pengajian bersama Gus Iqdam ini juga didukung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Baca Juga: Satpol PP Surabaya Tertibkan PKL di Jalan Kertomenanggal

Antusiasme jemaah terlihat jelas dari banyaknya yang sudah hadir di lokasi acara sejak pukul 11.00 WIB. Salah satu jemaah, Lasmi dari Kabupaten Nganjuk, mengaku sengaja datang ke Surabaya karena ingin bertemu Gus Iqdam secara langsung.

"Saya ini kan main ke rumah saudara di Surabaya. Nah di sini kebetulan ada pengajian Gus Iqdam, akhirnya saya ikut," ujar Lasmi ditemui Jumat (10/5/2024) siang.

Lasmi mengaku sudah lama mengikuti pengajian Gus Iqdam melalui Youtube dan Tiktok. Ia pun merasa senang ketika Gus Iqdam dijadwalkan mengisi tausiyah agama di Kota Surabaya.

"Jadi ke sini (Surabaya) itu rezeki, ada Gus Iqdam. Kemarin saya tiba di Surabaya dan ini baru pertama lihat (langsung) Gus Iqdam," ujar Lasmi.

Hal senada juga diungkapkan Herawati, warga Kecamatan Wonokromo Surabaya. Ia mengaku sebelumnya pernah mengikuti pengajian Gus Iqdam di Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Wali Kota Eri Tekankan Penggunaan Aset Pemkot untuk Kepentingan Warga Miskin

Karena itu, ia bersama rekan-rekannya mengaku senang mengetahui Gus Iqdam akan hadir di Surabaya. "Saya suka Gus Iqdam, enak guyon, orangnya ganteng. Pokoknya hebat," kata Herawati.

Ia pun mengapresiasi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang telah mengundang Gus Iqdam untuk mengisi acara pengajian dalam rangka HJKS ke-731. "Pak Wali Kota memang sip, jempol. Bisa mengabulkan cita-cita orang Surabaya, mengundang Gus Iqdam," imbuhnya.

Sementara itu, Roisatul Rahma, warga Pandegiling Surabaya mengaku sengaja datang lebih awal untuk mendapatkan tempat duduk paling depan.

"Kita ini kan penggemarnya Gus Iqdam, tidak mungkin kalau kita datangnya malam. Karena semua itu fansnya pada hadir semua. Orang jauh sana saja datang mengawali masak yang dekat tidak mengawali," kata Rahma.

Baca Juga: Wali Kota Eri Siapkan Kolam Renang Khusus Pelajar dengan Harga Terjangkau

Rahma mengaku seluruh jemaah Gus Iqdam di Kota Pahlawan sangat antusias ketika Pemkot Surabaya mengudang da'i muda asal Blitar untuk mengisi acara pengajian. Bahkan, ia secara khusus hadir mengikuti pengajian Gus Iqdam bersama 60 orang rombongan.

"Terima kasih kepada Pak Wali Kota yang sudah mengundang Gus Iqdam. Mudah-mudahan sampean (Wali Kota ) diberikan oleh Allah sehat dan rezeki yang barokah," pungkasnya.

Sebagai informasi, rangkaian pengajian akbar bersama Gus Iqdam di Balai Kota Surabaya dijadwalkan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Diperkirakan puluhan ribu jemaah akan memadati Balai Kota Surabaya untuk mengikuti pengajian tersebut.

Editor : amar