HUT ke-24 APEKSI: Wali Kota Eri Tekankan Pentingnya Sinergi Antar Kota untuk Kemajuan Bangsa

Walikota Eri Cahyadi (tengah) saat HUT ke-24 APEKSI
Walikota Eri Cahyadi (tengah) saat HUT ke-24 APEKSI

Swaranews.com -  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) diawali dengan Gala Dinner yang diadakan di halaman Balai Kota Balikpapan, Senin (3/5/2024) malam. Acara Gala Dinner yang dihadiri wali kota dari seluruh Indonesia ini dimeriahkan berbagai pertunjukan seni dan budaya.

Dalam sambutannya, Ketua APEKSI yang sekaligus Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Balikpapan dan jajarannya atas kesiapan dan keramahannya dalam menyambut para delegasi.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Kesehatan Preventif, Pemkot Surabaya Resmikan 153 Pustu ILP

"Acara yang dilakukan di halaman Balai Kota Balikpapan ini betul-betul sangat luar biasa, terima kasih atas sambutannya," kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Menurut dia, pelaksanaan Rakernas XVII Tahun 2024 APEKSI di Kota Balikpapan ini sangat istimewa. Sebab, Rakernas yang ke-17 ini sekaligus bertepatan dengan momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 APEKSI.

"Kami sampaikan juga Rakernas ini sangat spesial betul, karena bagaimana Ulang Tahun ke-24 APEKSI kita lakukan bersamaan di Kota Balikpapan," ujar dia.

Dalam kesempatan ini, ia juga menggarisbawahi pentingnya peran APEKSI sebagai jembatan antara pemerintah kota dengan pemerintah pusat dalam mewujudkan berbagai program pembangunan.

"APEKSI inilah yang menjadi jembatan antara seluruh kota dengan Mendagri, yang insyaallah akan memberikan berkah dan memberikan yang terbaik bagi kita semuanya di seluruh kota di Indonesia," tuturnya.

Ia menyadari bahwa seluruh kota di Indonesia memiliki kelebihan masing-masing. Bagi dia, jika kelebihan itu dapat dikolaborasikan menjadi satu kekuatan, maka APEKSI bisa memberikan sumbangsih yang terbaik untuk pembangunan Indonesia.

"Jika kelebihan itu dijadikan satu kekuatan besar, tidak ada yang lebih baik di antara kota kita, tapi saling melengkapi, maka kita bisa memberikan yang terbaik dari APEKSI untuk negeri Indonesia tercinta," tegasnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan 887 Unit Kendaraan Operasional ke KPKNL untuk Dilelang

Maka dari itu, Wali Kota Eri menekankan pentingnya kolaborasi antar kota untuk mengatasi berbagai tantangan bersama. Karenanya, melalui Rakernas APEKSI, ia mengajak para wali kota untuk saling berbagi pengalaman dan solusi terbaik dalam membangun kota yang maju dan sejahtera.

"Karena tidak ada istilah di APEKSI ini ada kota yang tertinggal. Tidak ada di APEKSI ini istilah kota yang paling maju. Karena buat saya, yang paling maju adalah ketika kita bisa berintegrasi dan bersinergi antar kota, maka itulah kemajuan untuk negara tercinta Indonesia," kata dia.

Oleh sebabnya, Wali Kota Eri berharap, perhelatan Rakernas ke-17 Apeksi di Kota Balikpapan dapat menghasilkan rekomendasi dan solusi yang konkret untuk berbagai permasalahan yang dihadapi daerah-daerah di Indonesia.

"Semoga pada waktu Rakernas, kita bisa memberikan usulan dan sumbangsih yang terbaik bagi APEKSI, untuk kita berikan kepada Indonesia," harapnya.

Baca Juga: 12.000 Warga Surabaya Ikuti Kelas Sekolah Orang Tua Hebat Angkatan ke-2

Di akhir sambutannya, Wali Kota Eri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh wali kota bersama para delegasi yang hadir dalam Rakernas APEKSI yang digelar di Kota Balikpapan. "Semoga Rakernas yang kita lakukan di Kota Balikpapan ini memberikan berkah bagi kita semuanya," tandasnya.

Sebagai diketahui, Rakernas XVII APEKSI diselenggarakan pada tanggal 1-6 Juni 2024 di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Selain agenda utama Sidang Rakernas, pertemuan wali kota dari seluruh Indonesia ini juga diisi dengan berbagai rangkaian acara.

Sejumlah rangkaian acara itu di antaranya adalah Youth City Changers, Indonesia City Expo & Forum Bisnis, Gala Dinner & Peringatan HUT ke-24 APEKSI, Karnaval Budaya Nusantara, Festival Seni Budaya Nusantara hingga Sarasehan Istri Wali Kota.

Sementara para peserta Rakernas XVII APEKSI terdiri dari wali kota/wakil wali kota, Ketua TP-PKK/ Dekranasda, para pendamping Perangkat Daerah (PD) pemerintah kota hingga para pemuda kota dari seluruh Indonesia. 

Editor : amar