APKULINDO Jatim Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Bangkitkan Ekonomi

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Sebagai bentuk kebersamaan dan membangun perekonomian di masa pandemi beberapa pengusaha pemilik resto dan rumah makan yang tergabung di Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (APKULINDO) terus mengembangkan sayapnya.

Menurut Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat APKULINDO Masbukhin Pradana bahwa pihaknya saat ini sedang menyiapkan pembentukan 15 Pengurus Wilayah di Masing - Masing Provinsi se-Indonesia. Saat ini sudah terbentuk 5 pengurus wilayah, termasuk Jatim yang hari ini dilantik.

Baca Juga: Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am Beri Motivasi Pelaku UMKM Muda Nasi Karage

"Jawa Timur yang dilantik hari ini merupakan pengurus wilayah Apkulindo kelima. Target kita tahun ini membentuk 15 pengurus wilayah,"ujarnya, Selasa (15/2/2022) di Amaris Hotel Jalan Margorejo Surabaya.

Masbukhin menyampaikan kenapa Jawa Timur ini penting, karena wilayahnya sangat luas, penduduknya sangat banyak, dimana Kabupaten/Kotanya banyak tujuan Pariwisata. Seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang dan Batu, hingga ke Probolinggo, Jember, Lumajang serta Banyuwangi.

"Yang pasti ketika perekonomian melaui jalur pariwisata menggeliat. Maka orang pasti butuh makan. Nah disitulah Asosiasi Pedagang Kuliner Indonesia berfungsi untuk bersinergi membangun perekonomian dengan kearifan lokal makanan di negeri ini," papar Misbakhun.

Sementara itu, Jonet Sugondho Ketua Umum Pengurus Apkulindo Wilayah Jawa Timur menyatakan bahwa pihaknya sangat berharap adanya sinergitas dari pemerintah setempat.

Baca Juga: Peringati Hari Anak dan Disabilitas Sedunia, Wali Kota Eri : Anak Istimewa Punya Hak yang Sama

"Karena usaha kita tidak akan pernah bisa maju tanpa adanya dukungan dari pemerintah. Dukungan itu bisa berbagai bentuk, mulai dari pelatihan bersama, informasi perkembangan peraturan dan perundangan serta sinergi dalam pemasaran," urai Joned.

Dia menyebutkan,termasuk sertifikasi halal, karena perkembangan peraturan khususnya di Kota Surabaya itu sekarang sudah banyak perubahan.

"Harapannya, kami bisa bersinergi sehingga dapat saling membangun perekonomian di Kota Pahlawan ini, dan bisa berkembang di seluruh Jawa Timur," harap Joned.

Baca Juga: Walikita Eri Serahkan Penghargaan Proklim 2023 kepada 11 Kampung

Untuk diketahui, dari masing - masing restoran atau rumah makan yang ada dari retauran menyumbang pajak 10 persen kepada pemerintah. Para pengusaha yang tergabung di Apkulindo ini sudah tertib baik secara administrasi maupun penerapan protokol kesehatan.

"Kaitannya dengan PPKM bahwa Surabaya yang saat ini naik ke level 3, harapannya bisa turun ke level 2 hingga turun lagi ke level 1. Semoga kita bisa bersinergi untuk menumbuhkan kembali perekonomian di Kota ini," tukas Eri Marsudi Utomo Sekretaris Umum Apkulindo Wilayah Provinsi Jatim. (mar)

Editor : redaksi