Surabaya Jadi Tuan Rumah Kompetisi Liga Basket Putri Asean

avatar swaranews.com
Surabaya Tuan Rumah Kompetisi Liga Basket putri Asean. (Diskominfo Surabaya)_
Surabaya Tuan Rumah Kompetisi Liga Basket putri Asean. (Diskominfo Surabaya)_

Swaranews.com - Kota Surabaya didapuk sebagai venue sekaligus tuan rumah final penyelenggaraan Liga Basket Putri kawasan Asia Tenggara. Kompetisi Liga Basket Putri Asean yang pertama kali digelar tersebut, rencananya mulai bergulir pada awal Oktober 2022.

Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Nirmala Dewi selepas audiensi bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Koleksi Buku Dispusip Surabaya Capai 505.040 Eksemplar, Tahun ini Tambah Lagi Ribuan Buku

"Jadi ini liga pertama di dunia, liga pertama tingkat regional untuk putri. Dan Indonesia memilih Surabaya jadi tuan rumah sekaligus final Liga Basket Putri Asean ini," kata Nirmala Dewi.

Ia menjelaskan, bahwa pelaksanaan Liga Basket Putri Asean yang digelar di Surabaya, bakal berlangsung pada 25 - 30 Oktober 2022. Sementara di awal Oktober 2022, liga mulai bergulir di Thailand dan diikuti beberapa negara lain.

"Surabaya nanti sudah tinggal tiga besar yang akan datang ke sini dan sekalian final, karena itu penentuan. Jadi mereka akan datang ke sini untuk mengikuti kompetisinya dan mudah-mudahan memberi kesan baik untuk kota (Surabaya) ini," ujarnya.

Bahkan, kata dia, FIBA (Federasi Bola Basket Internasional) telah memilih GOR Kertajaya Surabaya sebagai lokasi pertandingan sekaligus final Liga Basket Putri Asean. Selain memenuhi syarat, lokasi GOR Kertajaya juga dinilai sangat strategis.

"FIBA sendiri sudah approve stadionnya di GOR Kertajaya. Karena memang tidak begitu jauh dari hotel dan stadionnya juga memenuhi syarat," katanya.

Baca Juga: Warga Harapkan Foto Prewedding di Alun-Alun Kota Surabaya Gratis

Terlebih, Nirmala Dewi mengakui, bahwa animo masyarakat di Surabaya terhadap olahraga basket juga sangat tinggi. Karenanya, ia juga berharap, kompetisi ini dapat menggugah semangat baru khususnya bagi para pebasket putri.

"Mudah-mudahan ini jadi semangat baru. Khususnya untuk pebasket-pebasket putri, karena sekarang ini sesuatu yang baru. Biasanya kan kalau liga yang putra, dan ini ada yang putri," harapnya.

Ia mengaku bersyukur, karena Wali Kota Eri Cahyadi sangat concern terhadap perkembangan olahraga industri, baik itu sepakbola maupun bola basket. Bahkan, kompetisi bola basket juga yang menjadi salah satu harapan wali kota untuk dapat digelar di Surabaya.

Baca Juga: DP3A-PPKB Surabaya Ungkap Multifaktor Penyebab Terjadinya Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

"Ini sebuah hal yang baik sekali bagi kita di PP Perbasi. Karena bagi saya PP Perbasi, punya kepala daerah seperti ini yang sangat peduli terhadap kemajuan olahraga dan concern terhadap olahraga prestasi adalah suatu hal yang luar biasa dan perlu diapresiasi," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Eri Cahyadi menyatakan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya siap mendukung penuh gelaran Liga Basket Putri Asean tersebut. Ia berharap, kompetisi ini dapat menjadi penyemangat bagi perkembangan bola basket putri di Kota Pahlawan.

"Kita siap support penuh. Mana yang bisa dipenuhi pemkot nanti kita siapkan. Harapan saya setelah tim bertanding, nanti mereka bisa diajak jalan-jalan untuk beli oleh-oleh ke SKG (Surabaya Kriya Gallery)," pungkasnya. (mar)

Editor : redaksi