Pemkot Surabaya Gelar Lomba Senam Gemu Famire Hingga Balap Karung

avatar swaranews.com

Swaranews.com - Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar sejumlah perlombaan antar Perangkat Daerah (PD). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Gelanggang Olahraga (GOR) Pancasila Surabaya, Sabtu (12/8/2023).

Dalam sambutannya, Wali Kota Eri Cahyadi menyampaikan, bahwa perlombaan ini bukan untuk mencari siapa yang terbaik di antara perangkat daerah. Juga, bukan bertujuan untuk mencari perangkat daerah mana yang paling kompak.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Kirim Bantuan untuk Korban Konflik di Gaza Palestina

"Tapi lomba ini adalah untuk satu, selalu sama-sama, selalu bareng-bareng untuk satu nama seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) Pemkot Surabaya," kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali Kota Eri Cahyadi pun mengapresiasi pakaian atau kostum yang digunakan tim peserta. Bahkan, di antara tim peserta ini ada yang memakai kostum pakaian adat Papua hingga Kalimantan. Hal ini dinilainya menunjukkan semangat kekompakan dalam perlombaan. "Insyaallah kalau semangat lomba ini, semangat kebersamaan ini dibawa untuk melayani masyarakat, maka orang-orang Surabaya akan melihat bahwa ASN pemkot luar biasa," jelasnya.

Oleh karenanya, Wali Kota Eri juga meminta agar yang bertanding dalam perlombaan ini bukan hanya staf perangkat daerah. Melainkan pula Kepala PD, Kepala Bidang, Camat hingga Lurah, juga dimintanya ikut dalam perlombaan.

"Ini yang namanya adalah sebuah kekompakan. Kalau kekompakan berarti kepala dinas termasuk saya (wali kota) tidak hanya merintah. Tapi mlaku kabeh, merasakno kabeh, wayahe seneng bareng, susah bareng (Tapi jalan semua, merasakan semua, waktunya senang bareng, susah bareng)," terang Cak Eri, sapaan lekatnya.

Maka dari itu, Cak Eri juga berharap kepada seluruh ASN maupun tenaga kontrak di lingkup Pemkot Surabaya agar selalu menjalin tali persaudaraan. Sebab, kata dia, tidak ada dinas, kecamatan maupun kelurahan yang paling baik di antara lainnya. Dan yang terbaik adalah seluruh jajaran Pemkot Surabaya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Kukuhkan Ribuan Anggota Palang Merah Remaja dan Relawan PMI

"Jadi jangan jadikan lomba ini persaingan. Tapi jadikan lomba ini untuk mengikat tali persaudaraan, tali silaturahmi kita sebagai sesama Pemerintah Kota Surabaya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menyampaikan, selain menjadi rangkaian perayaan HUT ke-78 RI, perlombaan ini juga diharapkan dapat mendorong semangat gotong-royong dan menambah kebugaran jasmani rohani ASN.

"Pelaksanaan kegiatan lomba sejak tanggal 10-16 Agustus 2023 yang dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga selesai. Lomba dilaksanakan di beberapa lapangan olahraga, antara lain, Gelora Pancasila, Lapangan Thor, Gelanggang Remaja dan Lapangan Tenis PDAM Ngagel," kata Wiwiek.

Wiwiek juga menyebutkan bahwa terdapat 6 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam lomba antar perangkat daerah Pemkot Surabaya. Yakni, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bola Voli, Senam Gemu Famire, Hadang dan Balap Karung. "Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sejak tanggal 10 Agustus 2023, hampir 1.625 ASN, yang terdiri dari berbagai OPD terkait," pungkasnya. (mar)

Baca Juga: Pemkot Surabaya Beri Anugerah kepada 16 Pelaku Usaha Pengelola Lingkungan Terbaik

 

 

 

Editor : redaksi