SMK Mahardika Timba Ilmu Pelaksanaan Pemilu 2024

avatar swaranews.com
Bersama KPU Kota Surabaya, SMK Mahardika timba ilmu terkait Pemilu 2024. /Foto: tim
Bersama KPU Kota Surabaya, SMK Mahardika timba ilmu terkait Pemilu 2024. /Foto: tim

Swaranews.com - SMK Mahardika akan melaksanakan Pemukihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Menariknya, pemikihan tersebut akan berlangsung layaknya pemiliham umum yang berlangsung di Indonesia. 

Guna mengetahui lebih dalam seperti apa pemilu itu, anggota kegiatan P5 kurikulum Merdeka belajar SMK Mahardhika mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya. Kehadirannya untuk memberikan penyuluhan terkait Pemilu 2024 kepada para siswa disana.

Baca Juga: DPRD Surabaya Support Pemkot Bangun Tanggul di Surabaya Barat

"Agar para siswa memperhatikan secara sungguh-sungguh karena kegiatan ini dilakukan live streamibg di youtube danbyang lebih penting ini sebentar lagi SMK Mahardika akan melaksanakan pemilihan ketua OSIS," ujar M.Muhdi Khoiruddin, M.Pd selaku Kepala SMK Mahardika, Selasa (19/9/2023).

Menurutnya, pemilihan Ketua OSIS di SMK Mahardika nantinya menyerupai Pemilu di Indonesia 

Subairi, S.Pd. anggota KPU Surabaya divisi sosialisasi, Pendidikan pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM dalam paparannya menyampaikan harapannya bahwa nanti di Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Pebruari 2024, seluruh siswa-siswi yang sudah berusia 17 tahun bisa hadir dan menggunakan hak pilihnya.

"Jangan sampai golput, karena pemilih segmen pemula biasanya masih belum tahu banyak tentang pemilu. Sehingga dikhawatirkan mereka enggan dan malas datang ke tempat pemungutan suara," papar Subairi.

Baca Juga: Ketua DPD PSI Surabaya Mengwasi Jalannya Rekapitulasi di Seluruh Kecamatan

Dia mengingatkan, padahal suara mereka dapat menentukan pemimpin negara ini dengan baik 5 tahun ke depan sesuai kebijakan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan Rendi Irsyad Pahlewi, S.IP. anggota KPU Staf Sub. Bag Teknis penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat lebih menekankan pada pendekatan pertemanan.

"Karena usia kita sejajar” katanya.

Baca Juga: TPS Unik di Cluster Raffles Garden Citraland

Rendi meminta beberapa siswa untuk memeragakan bagaimana cara nama pemilih sudah pasti terdaftar di DPT online agar nanti tanggal 14 Februari 2024 sudah mengetahui dan tidak bingung secara pasti tempat dia memilih.

Sebahgai penghujung acara diakhiri dengan sesi foto bersama, seluruh peserta sangat antusias. Ada dua siswa yang diwawancarai oleh reporter tekevisi nasional, sehingga seluruh siswa mengetahui kalau kegiatan ini diliput media. (mar)



Editor : redaksi