Ribuan Pelari di Run Hub Surabaya 2023 Kolaborasi Lintas Sektor

avatar swaranews.com

Swaranews.com -  Dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023, Harian Kompas, bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, dan didukung oleh BookCabin Member of Lion Group serta Pemerintah Kota Surabaya, mempersembahkan RUN HUB Surabaya 2023.

Acara ini menjadi simbol kolaborasi lintas sektor dan elemen bangsa yang berkomitmen menuju transportasi yang lebih maju.

Baca Juga: AGENDA PT. JMAkademi-Indonesia

Melalui momentum Harhubnas dengan tema "Melaju untuk Transportasi Maju," RUN HUB Surabaya 2023 merupakan bentuk dukungan Kementerian Perhubungan dalam memacu pembangunan infrastruktur dan meningkatkan pelayanan masyarakat, sejalan dengan visi transportasi maju.

BookCabin Member of Lion Group turut hadir untuk memudahkan perjalanan masyarakat dengan kenyamanan memesan tiket pesawat melalui aplikasi yang dapat diunduh di Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). BookCabin: Menjadikan Perjalanan Lebih Simpel: Pesan tiket pesawat, hotel, dan check-in online dengan mudah. Nikmati kenyamanan perjalanan tanpa antrean di bandar udara. Dengan BookCabin, perjalanan menjadi petualangan yang semakin seru dan menyenangkan.

BookCabin menawarkan tambahan diskon Rp 50.000 yang ditawarkan berlaku untuk berbagai jenis tiket penerbangan yang tersedia di BookCabin, termasuk penerbangan dari maskapai Lion Air, Wings Air, Batik Air, Super Air Jet, Batik Air Malaysia, dan Thai Lion Air.

RUN HUB diselenggarakan pada Minggu, 8 Oktober 2023, dimulai pukul 05.30 untuk flag off kategori 10K dan pukul 05.45 untuk flag off 5K dengan titik start dan finish di Balai Kota Surabaya. Sebagian rute lari melewati kawasan car free day dan beberapa icon ternama kota Surabaya seperti Tunjungan, Monumen Bambu Runcing, dan Monuman Kapal Selam.

Kompetisi lari ini menawarkan dua kategori, yaitu 10 KM dan 5 KM, dan berhasil mencapai target penjualan peserta 2.000 orang. Harga tiket kategori 10K sebesar Rp 200.000 dan kategori 5K sebesar Rp 150.000.

Penjualan tiket yang direncanakan selama 30 hari berhasil sold out hanya dalam 3 hari, menarik peserta dari berbagai segmen, termasuk komunitas lari, keluarga, mahasiswa, pelajar, hingga pegawai Kemenhub.

RUN HUB Surabaya 2023 juga menampilkan rangkaian pre-event, termasuk Race Pack Collection yang dilaksanakan pada 7 Oktober 2023 bertempat di Surabaya Town Square. Setiap peserta akan menerima Tote Bag, BIB Number, dan Jersey, serta mendapatkan medali finisher bagi yang berhasil mencapai garis finish.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi mengatakan, Runhub menjadi bentuk komitmen Kementerian Perhubungan dalam mendorong momentum pengembangan infrastruktur dan peningkatan pelayanan bagi masyarakat untuk mewujudkan visi transportasi maju.

Baca Juga: Atraksi Barongsai Hibur Warga Raffles Garden Citraland

”Lari dipilih sebagai bagian dari perayaan Hari Perhubungan Nasional karena selama ini lari dinilai sebagai olahraga yang simpel dan bisa diikuti oleh berbagai kalangan. Lari juga memiliki filosofi seperti yang dimiliki Kementerian Perhubungan yakni melaju cepat. Surabaya dipilih karena kota ini mewakili bagian timur Indonesia,” ujar Menteri Perhubungan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyambut baik serta mendukung penyelenggaraan Runhub 2023.

“Penyelenggaraan Runhub menjadi momentum pengembangan transportasi di Kota Surabaya. Selain itu, kompetisi lari ini bisa membangkitkan ekonomi lokal Kota Surabaya, baik penginapan maupun UMKM karena pesertanya bisa berasal dari berbagai penjuru daerah.” ujar Wali Kota Surabaya.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra mengatakan, sebagai organizer, Kompas melihat momentum penyelenggaraan event lari di Surabaya selama Harhubnas 2023.

“Pemilihan Kota Surabaya juga didasari atas pertimbangan strategis lokasi. Surabaya sangat mudah dijangkau dari kota-kota lain di wilayah timur Indonesia. Ibu kota Jawa Timur itu juga mudah dijangkai dari Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, bahkan dari Kalimantan dan Sulawesi. Selain itu, sebagai kota besar yang memiliki banyak komunitas lari, pemilihan Surabaya juga sudah tepat, terbukti dari tercapainya target sebanyak 2.000 peserta, yang berhasil ditutup kurang dari tiga (3) hari” papar Pemred Kompas.

Baca Juga: Petugas KPPS Tambak Wedi Serentak Bagikan C Pemberitahuan Sesuai DPT Sejak 9 Pebruari 2024

Presiden Direktur Lion Air Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi menyatakan dukungan BookCabin terhadap RUN HUB sebagai peringatan Harhubnas. Pada kesempatan ini, turut memperkenalkan BookCabin sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mudah bepergian sehingga lancar dalam mempersiapkan rencana traveling #DiIndonesiaAja dan rute-rute mancanegara untuk mengikuti RUN HUB.

“Kehadiran BookCabin bukan hanya sekadar aplikasi, tetapi juga sebuah mitra yang dapat diandalkan dalam mengubah pengalaman perjalanan udara bagi masyarakat, wisatawan dan pebisnis. Terutama saat merencanakan perjalanan sebelum penerbangan, BookCabin tersedia untuk menjawab kebutuhan perjalanan, BookCabin: Menjadikan Perjalanan Lebih Simpel: Pesan tiket pesawat, hotel, dan check-in online dengan mudah. Nikmati kenyamanan perjalanan tanpa antrean di bandar udara. Dengan BookCabin, perjalanan menjadi petualangan yang semakin seru dan menyenangkan.. Kami memahami betapa pentingnya kepastian dan kenyamanan dalam perjalanan udara, itulah kami menyediakan platform yang memudahkan pembelian tiket dengan harga kompetitif, memungkinkan masyarakat, wisatawan dan pebisnis untuk membandingkan opsi penerbangan, dan memberikan diskon eksklusif. Kami bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan udara ini, menjadikan setiap penerbangan lebih mudah dan menyenangkan. Selamat menjelajahi dunia, dengan BookCabin Anda selalu siap terbang,” pungkas Capt. Daniel. (mar)

 

 

Editor : redaksi