Wali Kota Eri Ajak Ormas Madura Jaga Kerukunan dan Kondusifitas Surabaya

Swaranews.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menghadiri acara silaturahmi bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) Madura bertajuk "Refleksi Akhir Tahun dan Doa Bersama" di Masjid Al Kautsar, Jalan Simorejo X, Simomulyo, Sukomanunggal, Selasa (26/12/2023) malam. Acara silaturahmi ini juga dihadiri para alim ulama, habaib, kyai serta ratusan masyarakat.

Wali Kota Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih atas doa para kyai, habaib, masyayikh dan para alim ulama, sehingga membuat Surabaya tetap menjadi kota yang tenang, aman dan damai.

Baca Juga: Dievaluasi Tiap Semester, Wali Kota Eri Cahyadi Bakal Cabut Beasiswa Pemuda Tangguh jika IPK Rendah

"Alhamdulillah berkat doa para kyai, para habaib, para masyayikh dan para alim ulama, Surabaya tetap menjadi kota tenang, aman dan damai," kata Wali Kota Eri Cahyadi mengawali sambutannya.

Selain itu, ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk Ormas Madura, untuk terus menjaga kerukunan dan toleransi di Kota Pahlawan. Menurutnya, membangun Surabaya tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tapi semua elemen harus bersatu menjadi satu bagian.

"Membangun Surabaya tidak dengan kekuasaan, membangun Surabaya tidak dengan kekuatan, tapi bagaimana membangun Surabaya ini semuanya menjadi satu bagian," ujar Cak Eri, sapaan lekat Wali Kota Surabaya.

Dalam kesempatan ini, Cak Eri juga meminta agar kegiatan silaturahmi bersama Ormas Madura tersebut, dapat rutin dilakukan. Melalui kegiatan ini, ia berharap, dapat merekatkan tali persaudaraan, khususnya antar sesama Ormas Madura.

"Silaturahmi ini tadi disampaikan setahun sekali. Insyaallah Pak Sekda (Sekretaris Daerah), kalau bisa ini diadakan setahun 3 kali, jadi ketemunya lebih rekat. Karena mohon maaf mungkin selama ini jajaran pemerintah kota jarang bertemu dengan teman-teman," ujarnya.

Baca Juga: Walikota Eri Cahyadi: Proyeksi Dari PKB Rp 1.2 Triliun

Di sisi lain, Cak Eri juga mengapresiasi peran dari Ormas Madura yang luar biasa dalam menjaga kondusifitas Surabaya. Ia berharap, pada tahun 2024, Surabaya akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Kita bangun Surabaya dengan kekuatan bersama. Dan saya yakin, pertemuan malam ini akan membuka lembaran baru, sehingga pertemuan ini akan menjadikan kita saudara sampai yaumil qiyamah," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP William Cornelis Tanasale mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga, memelihara, dan meningkatkan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat) yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

"Terima kasih kepada bapak wali kota yang selama ini begitu banyak kesempatan dan perubahan bagi Kota Surabaya, sehingga masyarakat bisa sangat rukun, menjaga toleransi, dan saling menghargai satu sama lainnya," kata AKBP William Cornelis Tanasale.

Baca Juga: Tinjau Pelaksanaan MPLS, Wali Kota Eri Cahyadi Beri Seragam dan Tas Gratis untuk Siswa Tidak Mampu

Perwira Menengah Polisi asal Ambon, Maluku itu berharap, sinergi yang telah terjalin antar elemen masyarakat dalam menjaga Harkamtibmas, bisa terus berjalan ke depannya.

"Kiranya ke depan kita bisa bersama-sama, menjaga dan memelihara Harkamtibmas yang selama ini sudah berjalan dengan baik," harapnya.

Di samping kegiatan silaturahmi bersama, acara ini juga diisi pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan Salawat. Sementara di puncak acara, kegiatan diisi tausiyah yang disampaikan Habib Idrus Bin Muhammad Alaydrus dan ditutup dengan doa. 

Editor : amar