Dewan Ingatkan Keamanan Data Masyarakat lTerkait Identitas Kependudukan Digital

Arif Fathoni, Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya
Arif Fathoni, Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya

Swaranews.com - pada era perkembangan teknologi yang semakin pesat. Banyak terobosan aplikasi mudah dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Terbaru, Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) meluncurkan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Menurut Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Arif Fathoni bahwa transfornasi dari layanan kependudukan secara konvensional ke digital itu suatu keniscayaan. Oleh karena itu pihaknya mengapresiasi program tersebut.

Baca Juga: A.H. Thony: Waspadai Komprador Politik

"Apalagi ini program pemerintah pusat. Alhamdulillah, Surabaya menjadi pilot proyek identitas kependudukan digital ini," ujarnya, Selasa (2/1/2024) di Jalan Yos Sudarso, Surabaya, siang.

Legislator muda yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kota Surabaya ini menjelaskan bahwa pihaknya mengingatkan terkait keamanan data kependudukan yang ada. Sehingga masyarakat yang sudah bermigrasi ke Identitas Kependudukan Digital (IKD) merasa aman.

 "Di tengah maraknya pinjaman - pinjaman online yang dengan mudah menggunakan data kependudukan orang lain, baik sebagai penjamin dan lain-lain sebagainya. Nah, tentu itu yang harus menjadi pekerjaan rumah bagi teman - teman Dispenduk Kota Surabaya," papar Arif Fathoni.

Pria yang kembali maju Caleg Partai Golkar Dapil 3 Surabaya nomor urut 1 ini menegaskan agar program ini bisa berhasil presentasinya tinggi, Arif Fathoni berharap sosialisasinya dilakukan secara maksimal.

"Baik sosialisasi melalui kantor - kantor Kelurahan di Kota Surabaya saya juga berharap teman-teman Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga mensosialisasikan program ini melalui perangkat-perangkat aplikasi yang ada platform - platform media sosial yang dimiliki dengan uraian yang sederhana saja. Apa sih keunggulan IKD, jelaskan disitu," tutup Arif Fathoni.

 

Baca Juga: DPRD Surabaya Support Pemkot Bangun Tanggul di Surabaya Barat

 

 

 

 

Baca Juga: Ketua DPD PSI Surabaya Mengwasi Jalannya Rekapitulasi di Seluruh Kecamatan

 

 

 

Editor : amar